Kompas.com - 08/03/2015, 16:38 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas #SaveHajiLulung terus melesat dan menjadi lebih populer daripada topik pembahasan tentang Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Berdasarkan analisa tweet yang beredar di media sosial Twitter, #SaveHajiLulung jauh melampaui jumlah tweet harian tentang Jokowi dan Ahok sejak 5 Maret 2015.

Laman analisa tweet Topsy.com mencatat #SaveHajiLulung bergulir sejak Kamis (5/3) malam.

Berbeda dengan #SaveAhok, tagar tentang Wakil Ketua DPRD Jakarta, Abraham Lunggana, yang akrab dengan nama Haji Lulung berisi tentang ejekan satir.

Puncak volume tweet #SaveHajiLulung terjadi pada 6 Maret dengan total 138.900 tweet sehari. Sehari berikutnya, meskipun jumlah kicauan menurun drastis ke 81.817, #SaveHajiLulung tetap lebih populer daripada Jokowi dan Ahok. (Baca: #SaveHajiLulung "Ngetop" Jadi Trending Topics Twitter di Jakarta)

Melihat grafik jumlah tweet periode 6 Februari--8 Maret, total kicauan tentang adalah Jokowi 1.434.807, Ahok 809.513, dan #SaveHajiLulung 245.167.

Berdasarkan puncak jumlah tweet masing-masing topik, kicauan terbanyak tentang Jokowi terjadi tanggal 18 Februari ketika Presiden Jokowi batalkan pelantikan Budi Gunawan dan mengangkat Badrodin Haiti sebagai Kapolri yang baru (119.379 tweet).

Sementara puncak topik Ahok adalah pada 27 Februari dengan total kicauan 78.915, ketika Gubernur DKI Jakarta itu mulai mengungkapkan dugaan "dana siluman" RAPBD Jakarta 2015.

Dua puncak ini tetap tidak sanggup melampaui popularitas #SaveHajiLulung yang mencapai 138.900 tweet pada 6 Maret.

Baca:
#SaveHajiLulung Jadi "Trending Topic", Ini Komentar Lulung
Lulung Tidak Marah soal #SaveHajiLulung


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.