Kompas.com - 12/03/2015, 15:59 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerima evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015 oleh Kementerian Dalam Negeri. Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta akan mengirim surat kepada Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta untuk melakukan pembahasan bersama atas hasil evaluasi pada Kamis (12/3/2015) ini. Pasalnya, hanya ada waktu selama tujuh hari unruk melakukan pembahasan. 

"Hari ini kami bikin surat dan disposisi kepada Pak Sekda, tolong segera bersurat kepada DPRD dalam hal ini Badan Anggaran untuk membahas evaluasi APBD," kata Basuki, di Balai Kota, Kamis.

Ahok mengatakan, jika DPRD menolak membahas hasil evaluasi APBD dari Kemendagri, pihaknya akan menyiapkan peraturan gubernur (pergub). Melalui pergub itu, Pemprov akan kembali menggunakan APBDP 2014 sebesar Rp 72,9 triliun. Sebagai informasi, nilai RAPBN 2015 adalah Rp 73,08 triliun.

"Kalau mereka menolak membahas evaluasi dari Kemendagri, kami akan siapkan pergub. Kami tinggal saja kalau dia (DPRD) tidak mau (membahas), tinggal saja sudah," kata Basuki.

Dia pun tidak mempermasalahkan jika tahun ini menggunakan pagu anggaran 2014. Nantinya Pemprov DKI tinggal menyesuaikan kegiatan dengan anggaran yang ada. "Tahun lalu, yang sama cuma nilainya saja, soal program justru pakai pergub lebih enak, cuma urusan saya sama Mendagri," ujar Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.