Rasakan Parahnya Jalan Ciseeng, Ahok Bakal Beri Hibah ke Kabupaten Bogor

Kompas.com - 27/03/2015, 18:01 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Jalan di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, rusak parah.
BOGOR, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal memberi hibah kepada Kabupaten Bogor khusus untuk perbaikan jalan. Sebab, Basuki langsung merasakan parahnya kerusakan jalan di Kecamatan Ciseeng saat berkunjung ke laboratorium PT KAR (Karya Anugerah Rumpin), Kabupaten Bogor, Jumat (27/3/2015). 

"Kemarin Kabupaten Bogor ajukan proposal untuk perbaikan jalan tetapi bukan jalan itu (Ciseeng). Enggak apa-apa, kami bantu saja biar jalannya mulus," kata Basuki, di Rumpin Bogor. 

Hanya saja, ia belum mengetahui besaran biaya hibah yang akan dialokasikan untuk Kabupaten Bogor. Bahkan, Basuki menawarkan dana hibah hingga Rp 1 triliun bagi kota mitra. Asalkan dipergunakan untuk penyelesaian permasalahan antar dua kota.

Tahun ini, pemerintah yang paling besar mengajukan proposal hibah adalah Kabupaten Tangerang sebesar Rp 300 miliar. [Baca: Jalan Ciseeng Bogor Rusak Parah, Mobil Ajudan Ahok "Nyusruk"]


"Kami berani kok memberikan satu kota itu hibah Rp 1 triliun, harganya masih lebih murah daripada pokir (pokok pikiran) DPRD yang sampai Rp 12,1 triliun. Kalau daerah penyangga, dana Rp 1 triliun kan untuk menolong kami juga," kata Ahok, sapaan Basuki.  

Jalan rusak sangat terasa mulai dari masuk Pemkot Tangerang Selatan hingga Kabupaten Bogor. Kerusakan persisnya di Kecamatan Parung, Ciseeng, Gunung Sindur, Rumpin, dan Parung Panjang.

Jalan yang ditempuh untuk ke laboratorium PT KAR sangat sempit sekitar 3-4 meter dan hanya cukup untuk satu lajur jalan. Namun sempitnya lajur itu justru dipaksa dijadikan dua lajur.

Tak hanya itu, kendaraan yang melintas di sepanjang lajur Parung hingga Parung Selatan adalah tronton pengangkut tanah, truk bermuatan berlebih, kendaraan molen, dan kendaraan berat lainnya.

Akibatnya, jalan dengan lubang berdiameter 2-8 meter dan kedalaman 20-40 sentimeter menghambat laju kendaraan. Selain itu, di beberapa lajur terlihat kubangan besar berdiameter hingga 50 sentimeter.

Bahkan mobil ajudan Basuki pun sempat nyangkut di dalam kubangan dan sempat berasap.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDesy Afrianti
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X