KSAU: Mesin F-16 Terbakar Saat Hendak "Take-off" - Kompas.com

KSAU: Mesin F-16 Terbakar Saat Hendak "Take-off"

Kompas.com - 16/04/2015, 10:53 WIB
Reska K. Nistanto/Kompas.com F-16B Block 15 milik TNI AU dengan registrasi TS-1602 di Lanud Halim Perdanakusuma (9/4/2012).


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan bahwa terbakarnya pesawat F-16 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/4/2015) pagi, berawal dari terbakarnya mesin pesawat saat hendak lepas landas.

"Pesawat itu saat hendak take-off terjadi engine fire sehingga terbakar," ujar Agus saat ditemui seusai pengangkatan Presiden Joko Widodo sebagai warga kehormatan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Agus mengatakan, saat pilot hendak menerbangkan pesawat, tiba-tiba terjadi kebakaran pada mesin pesawat. Saat terbakar, sang pilot berhasil keluar dari pesawat untuk menyelamatkan diri.

Menurut Agus, meski terjadi masalah pada bagian mesin, sebagian besar rangka pesawat tidak mengalami kerusakan. Namun, pada saat kejadian, bahan bakar di dalam pesawat masih terisi penuh sehingga tersulut api dan terjadi kebakaran.

"Pilotnya masih sadar, tidak masalah. Penerbangan lain juga tetap berjalan," kata Agus.

Agus belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai terbakarnya pesawat itu. Menurut dia, TNI AU akan segera melakukan kajian untuk menemukan penyebab pasti terbakarnya pesawat.


EditorSandro Gatra

Close Ads X