Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Bus Buruh Mulai Bergerak ke Arah Monas

Kompas.com - 01/05/2015, 12:21 WIB
Tangguh Sipria Riang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ratusan bus pengangkut rombongan buruh yang terpaksa "parkir" di seluruh badan Jalan Sudirman arah Semanggi-Bunderan HI, mulai terurai. Bus sewaan berbagai jenis ukuran besar dan sedang itu mulai bergerak perlahan setelah parkir kurang lebih tiga jam sejak pukul 09.00 WIB.

"Ya, sudah bisa diarahkan ke arah Monas karena massa di Bunderan HI sudah mulai bergerak ke Monas," ujar seorang polisi lalulintas, Iptu Mulyadi, kepada Kompas.com, Jumat (1/5/2015).

Pantauan Kompas.com, ratusan bus yang sebelumnya memenuhi empat lajur di Jalan Sudirman, diarahkan menggunakan jalur bus transjakarta. Petugas juga dibantu sejumlah buruh yang sebelumnya mengarahkan bus tersebut untuk parkir di Monas.

"Masih hitungan sewa, Mas. Kan kita sewa PP. Jadi busnya kita arahkan ke Monas untuk mengangkut rombongan setelah acara selesai," ujar seorang buruh sambil mengatur pergerakan bus.

Hingga saat ini, sebagian besar dari ratusan ribu buruh yang melakukan aksi sudah merapatkan barisan ke kawasan Monas dan sekitarnya. Beberapa di antaranya masih berada di kawasan Bunderan HI, bahkan melaksanakan shalat Jumat berjamaah.

Sebelumnya, ratusan bus tersebut berhenti dan parkir di ruas Jalan Sudirman sebelum Bunderan HI. Bus-bus tersebut terpaksa parkir sementara karena tidak bisa menembus lautan manusia yang memadati Bundaran HI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com