Didampingi Veronica, Ahok Resmikan RPTRA Gandaria - Kompas.com

Didampingi Veronica, Ahok Resmikan RPTRA Gandaria

Kompas.com - 21/05/2015, 09:32 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Bahari, Gandaria Selatan, Jakarta, Kamis (21/5/2015). Basuki didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Veronica Tan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari, Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015) pagi ini. RPTRA Bahari merupakan RPTRA kedua yang diresmikan oleh Basuki setelah RPTRA Sungai Bambu, Jakarta Utara.

Basuki tiba di lokasi sekitar pukul 08.15 dengan menggunakan batik lengan pendek berwarna biru. Dalam sambutannya, Basuki mengaku senang melihat anak-anak di lingkungan tersebut bermain-main di ruang publik terbuka ini. 

"Saya mengucap syukur, saya lihat, anak-anak bermain senangnya luar biasa. Pas saya lihat anak-anak main, saya terbayang waktu saya kecil karena ibu saya suka bilang anak kreatif enggak boleh main di dalam rumah saja, tetapi harus main outdoor juga," kata Basuki. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pembangunan RPTRA ini sebagai bagian dari perwujudan Jakarta sebagai kota layak anak sesuai peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2010. Dengan pembangunan RPTRA, Basuki berharap dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak di Jakarta, tidak ada lagi gizi buruk, tidak ada lagi anak-anak yang telantar di jalanan, dan lainnya.

Hingga pukul 09.10, Basuki masih memberikan sambutannya dan acara masih berlangsung. 

Fasilitas dalam RPTRA Bahari ini mencakup sejumlah ruang yang dapat dimanfaatkan warga maupun karang taruna dan pendidikan anak usia dini (PAUD), posyandu, ruang musik, kafe, ruang kesehatan, lapangan futsal mini, fasilitas taman bermain, dan kolam ikan.

Dalam peresmian RPTRA Bahari ini, Basuki turut didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK DKI Veronica Tan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DKI Happy Farida, Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Dien Emmawati, dan lain-lain. 

Setelah ini, rencananya akan ada lima RPTRA yang diresmikan, yakni RPTRA di Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, pada 29 Mei 2015, RPTRA di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, akan diresmikan pada 4 Juni 2015, serta RPTRA di Cililitan, Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Saat ini, Pemprov DKI tengah mencari lahan untuk pembangunan 50 RPTRA lainnya.


EditorAna Shofiana Syatiri

Terkini Lainnya


Close Ads X