Ahok Sebut Pengurus Demo Warga Pinangsia Naik Fortuner - Kompas.com

Ahok Sebut Pengurus Demo Warga Pinangsia Naik Fortuner

Kompas.com - 28/05/2015, 13:49 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Rabu (27/5/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com — Diam-diam Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memantau pelaku unjuk rasa penggusuran kawasan kumuh Pinangsia, Jakarta Barat. Bahkan, menurut dia, ada koordinator pendemo penggusuran menggunakan mobil mewah bermerek Toyota Fortuner. 

"Ada orang yang mengurus demo ini naik Fortuner lho, kami intip kok, tahu datanya dia siapa, aktivis mana, lulusan mana. Ini kan kayak mau main politik supaya kami takut," kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (28/5/2015).

Menurut Basuki, pergerakan warga korban penggusuran ini sebagai upaya politisasi untuk menjegalnya terpilih kembali sebagai Gubernur DKI pada Pilkada 2017. Ia menegaskan tidak takut menghadapi hal itu.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menganggap banyak oknum yang sengaja mencari untung di dalam peristiwa ini. Banyak oknum yang sengaja memprovokasi warga untuk melawan Pemprov DKI dan menolak direlokasi.

"Saya tidak peduli, semakin Anda main politik, semakin saya gusur. Jadi pola ini kami sudah hafal, pola permainan orang yang dudukin lahan negara ini terutama orang yang sewa lahan," kata Basuki.

Dengan demikian, ia mengaku tak mengkhawatirkan warga Pinangsia yang memilih bertahan di lokasi gusuran dengan membangun tenda sementara. Basuki menegaskan, pihaknya telah menyediakan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bagi warga korban gusuran.

Apabila mereka tidak mendaftar untuk mendapat rusun kepada lurah dan camat, maka mereka tidak akan mendapat unit rusun. "Ya, kalian mau buat tenda ya silakan saja, saya mau tahu dia tahan berapa lama buat tenda. Kita lihat saja berapa lama dia tahan (hidup di tenda)," kata Basuki.


EditorAna Shofiana Syatiri

Terkini Lainnya


Close Ads X