Kompas.com - 30/06/2015, 10:49 WIB
Tampak kamera pengawas yang memantau kondisi di dalam ruang reaktor nuklir di gedung Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) di kompleks Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang, Senin (29/6/2015). KOMPAS.com/Andri Donnal PuteraTampak kamera pengawas yang memantau kondisi di dalam ruang reaktor nuklir di gedung Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) di kompleks Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang, Senin (29/6/2015).
|
EditorKistyarini

TANGERANG, KOMPAS.com - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) tengah mempersiapkan pra-proyek untuk membuat program reaktor daya eksperimen (RDE) atau pembangkit listrik tenaga nuklir sederhana.

Hal ini dilakukan atas dasar kemampuan nuklir itu sendiri yang sebenarnya bisa menjadi energi alternatif untuk menghasilkan listrik.

"Ini sifatnya non-komersil karena kita sebagai litbang (penelitian dan pengembangan). Intinya, kita mau buat satu sebagai masternya. Kalau berhasil, bisa untuk dipakai di daerah-daerah terpencil yang masih kesulitan akses listrik," kata Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnubroto kepada Kompas.com, Senin (29/6/2015).

Program RDE ini dilaksanakan bertempat di kawasan Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang Selatan. Tujuan program ini sendiri adalah untuk mendapatkan konsep desain reaktor yang tepat sekaligus meyakinkan masyarakat kalau teknologi nuklir aman dan bersahabat.

Sebelum diizinkan untuk dipakai oleh masyarakat umum, RDE akan digunakan oleh pihak Batan terlebih dahulu sekaligus untuk uji coba.

"Nanti kita pakai buat pasokan listrik di sini-sini saja dulu. Kita ini bayar listrik mahal, bayar ke PLN saja berapa miliar satu tahun, kebayang kan gimana kalau bisa berhemat pakai nuklir," tambah Djarot.

Target menyelesaikan pra-project RDE adalah sampai akhir tahun 2015. RDE ini akan jadi cikal bakal dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang sudah banyak beroperasi di beberapa negara, seperti Amerika, RRC, India, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Rekomendasi

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.