TransJabodetabek Ternyata Belum Beroperasi Hari Ini - Kompas.com

TransJabodetabek Ternyata Belum Beroperasi Hari Ini

Kompas.com - 22/08/2015, 10:02 WIB
Aldo Fenalosa Bus transjabodetabek yang diluncurkan Perum PPD Jumat ini akan mulai beroperasi pada Sabtu (22/8/2015) besok

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah diluncurkan pada Jumat (21/8/2015) kemarin, 78 unit bus transjabodetabek ternyata belum akan dioperasikan hari ini. Puluhan bus yang akan melayani rute Bekasi, Depok, dan Tangerang itu baru akan resmi dioperasikan pada Senin (24/8/2015).

"Rencanayanya Senin baru akan dioperasikan," kata Direktur Utama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2015).

Pembukaan rute transjabodetabek ke Bekasi, Depok, dan Tangerang merupakan kelanjutan dari layanan transjabodetabek rute Tangerang Selatan, tepatnya dari Ciputat-Blok M yang telah beroperasi sejak Oktober 2014. (Baca: Puluhan Bus Transjabodetabek Diluncurkan, Ini Rute-rutenya)

Tarif yang akan dikenakan dalam layanan Transjabodetabek yang menuju Bekasi, Depok, dan Tangerang masih sama seperti yang dikenakan di rute Tangerang Selatan, yakni Rp 9.000. Pembayaran akan dilakukan secara non tunai.

Nantinya, di dalam bus akan dipasang mesin e-ticketing. Transjabodetabek merupakan bus yang khusus melayani rute Jakarta dan kota-kota penyangga.

Saat berangkat dari kota penyangga, bus ini akan beroperasi di jalan reguler. Namun, setelah memasuki kota Jakarta, bus yang dibeli oleh Kementerian Perhubungan ini akan melintas di jalur bus transjakarta atau busway.

Pande memastikan penumpang Transjabodetabek tidak akan terkena biaya tambahan bila melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta. Hal yang sama berlaku untuk penumpang Transjakarta yang naik transjabodetabek, selama bus masih berada di dalam busway.

"Kalau naik dari halte Transjakarta memang ada biaya Rp 3.500 saat masuk halte. Tapi selama di dalam busway, penumpang tidak perlu membayar lagi. Dikenakan penambahan Rp 9.000 kalau sudah mulai ke luar Kota Jakarta," papar dia.


EditorGlori K. Wadrianto
Close Ads X