Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Ikut Pilkada DKI Masih Sebatas Rumor

Kompas.com - 08/09/2015, 10:43 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Fraksi Partai Gerindra Mohamad Sanusi mengatakan bahwa pencalonan Sandiaga Uno dan beberapa nama lainnya yang dicalonkan untuk maju pada Pilkada DKI 2017 masih sebatas rumor. Belum ada pembahasan resmi dari Partai Gerindra.

"Mengenai rumor ya sebenarnya banyak anggota Partai Gerindra yang dirumorkan seperti Sandiaga Uno dan saya juga sempat didengungkan. Akan tetapi, untuk pembicaraan resminya itu belum ada," kata Sanusi ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2015).

Menurut dia, masih terlalu dini untuk menentukan bakal calon gubernur DKI dari Partai Gerindra. Sebab, Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta Partai Gerindra belum mengadakan pembahasan khusus mengenai itu.

"Pertama, belum ada bahasan sama sekali dari DPD DKI mengenai calon yang akan diusulkan," ucapnya.

Sanusi menjelaskan, proses pembahasan calon biasanya dimulai dari tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) terlebih dahulu. Nama-nama bakal calon yang muncul dari tingkat DPC akan dibawa ke tingkat DPD. Kemudian, bakal calon baru akan ditentukan sebagai calon gubernur oleh DPP partai.

Biasanya, kata Sanusi, semua proses tersebut akan dilakukan menjelang pemilu. Proses penyaringan di tingkat DPD baru akan dimulai pada akhir tahun ini.

Mengenai nama-nama bakal calon yang muncul, Sanusi tidak ingin berkomentar terlalu banyak. Sebab, pembahasan resmi di internal partai belum dilakukan.

Dia bahkan kaget ketika mengetahui juga Sandiaga Uno sudah digadang-gadang maju sebagai calon gubernur berdampingan dengan Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana. Menurut dia, bakal calon gubernur saja belum diputuskan, apalagi menentukan bakal calon wakil gubernur.

Sebelumnya, Wakil Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dikabarkan akan menjadi calon gubernur dari Partai Gerindra. Desas-desus akan diusungnya Sandiaga berawal dari pernyataan salah seorang petinggi Partai Gerindra, Edhy Prabowo pekan lalu. Saat itu, ia menyebut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu merupakan salah satu kandidat potensial untuk maju pada Pilkada DKI 2017.

Akhir pekan lalu, muncul sejumlah gambar di media sosial yang menerangkan bahwa Sandiaga akan maju didampingi petinggi PKS DKI Jakarta yang juga Wakil Ketua DPRD DKI, Triwisaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com