Pelaku Bom Mall Alam Sutera Kategori Teroris "Lone Wolf" - Kompas.com

Pelaku Bom Mall Alam Sutera Kategori Teroris "Lone Wolf"

Kompas.com - 29/10/2015, 15:13 WIB
KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COM Leopard Wisnu Kumala (29), pelaku bom di Mal Alam Sutera.
JAKARTA, KOMPAS.com — Leopard Wisnu Kumala (29) dikategorikan sebagai lone wolf (serigala sendiri). Pelaku bom Mall Alam Sutera tersebut tak punya jaringan.

"Pelaku tidak terkait dengan jaringan teror yang telah dipetakan polisi. Pelaku adalah pelaku tunggal," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Dalam dunia anti-terorisme, terdapat dua kategori pelaku. Pertama, pelaku dengan jaringan teror. Kedua, bekerja sendiri. "Ada jaringan teror yang dikenal atas nama kelompok dan ada jihad tanpa pemimpin, yaitu orang yang melakukan perbuatan teror, inovasi sendiri, dan melakukan perbuatan sendiri. Itu disebut leaderless jihad atau lone wolf," kata Tito.

Di negara barat, teroris berciri lone wolf sulit untuk diungkap. Sebab, polisi tak memetakan pelaku sebelumnya. "Ini dilakukan sendiri, tetapi bukan dalam rangka ideologi, lebih banyak ekonomi. Namun, tata cara mirip fenomena lone wolf. Belajar dari internet dan melakukan sendiri juga," kata Tito.


Leopard ditangkap setelah menaruh bom yang kemudian meledak di toilet kantin Mall Alam Sutera, Rabu (28/10/2015). Tercatat, ia menaruh empat bom di Mall Alam Sutera sepanjang Juli-Oktober 2015 sebagai bentuk teror.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHindra Liauw
Komentar

Close Ads X