Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Jabat Gubernur, Ahok Merasa Diuntungkan Jokowi

Kompas.com - 19/11/2015, 10:25 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat satu tahun menjabat sebagai Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama merasa beruntung dengan kehadiran Presiden Joko Widodo.

Menurut Basuki, banyak kendala Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang dibantu oleh pemerintah pusat.  "Ya kami terbantulah," kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (19/11/2015). 

Contohnya seperti permasalahan pengelolaan sampah di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

Presiden Jokowi turun tangan dan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi membuka akses operasional truk sampah DKI ke TPST Bantargebang hingga 24 jam.

Kemudian, Jokowi juga menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur. 

Dalam Perpres ini disebutkan, Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah dapat bekerja sama dengan Badan Usaha (BUMN, BUMD, swasta, badan hukum asing, atau koperasi) dalam penyediaan infrastruktur.

"Pak Jokowi juga menerbitkan Keppres untuk pembangunan LRT. Pemerintah pusat juga mengalihkan aset Kemayoran kepada Pemprov DKI untuk penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Basuki. 

Selain itu, lanjut dia, banyak pengelolaan jalan-jalan besar di Jakarta dialihkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) kepada Pemprov DKI.

"Kementerian PU banyak membantu kami. Kami juga berhubungan baik dengan semua kementerian," kata Basuki. 

"Saya sama Pak Jusuf Kalla juga berhubungan baik. Malah saya lebih kenal sama Pak Jusuf Kalla daripada Pak Jokowi sebetulnya. Karena kan sama-sama di Golkar," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com