Abaikan Tudingan Ahok, BPK Fokus Rampungkan Audit Investigatif Pembelian Lahan Sumber Waras

Kompas.com - 24/11/2015, 19:15 WIB
Juru Bicara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Yudi Ramdan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, seusai pemeriksaan pembelian sebagian lahan RS Sumber Waras, di Gedung BPK, Senin (23/11/2015). KOMPAS.com/Kurnia Sari AzizaJuru Bicara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Yudi Ramdan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, seusai pemeriksaan pembelian sebagian lahan RS Sumber Waras, di Gedung BPK, Senin (23/11/2015).
|
EditorIcha Rastika
JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Yudi Ramdan membantah tudingan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menyebut auditor BPK tidak profesional dalam melakukan audit investigatif pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

"Secara profesional, sesuai metodologi, tidak ada masalah. Semua (proses audit investigatif) sama seperti yang dilakukan pada pemeriksaan (kasus) lainnya," kata Yudi saat dihubungi wartawan, Selasa (24/11/2015). (Baca: Ahok Tantang BPK)

Yudi mengatakan, auditor BPK bekerja sesuai dengan standar pemeriksaan yang ditetapkan. Ia pun tidak mau ambil pusing menanggapi tudingan yang dilayangkan Basuki kepada BPK.

Menurut Yudi, BPK kini fokus untuk merampungkan audit investigatif pembelian lahan RS Sumber Waras. Audit ini ditargetkan selesai pada 26 November 2015. (Baca: Kelar Diperiksa BPK Tersenyum, Mengapa Kini Ahok "Naik Darah"?)


"Kami fokus pada penuntasan audit dan pengumpulan data ini. Pemeriksaan ini selesai dan selanjutnya kami serahkan kepada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," ujarYudi. 

BPK sebelumnya menemukan indikasi kerugian daerah Rp 191 miliar dalam pembelian lahan RS Sumber Waras.

Basuki menyepakati pembelian lahan itu saat menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI. (Baca: BPK Tak Akan Publikasikan Video Pemeriksaan Ahok)

Rencananya, pembelian lahan RS Sumber Waras digunakan untuk pembangunan RS khusus jantung dan kanker.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X