Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yusril, Boy, dan Adhyaksa Belum Masuk Penjaringan Cagub Gerindra

Kompas.com - 11/02/2016, 11:46 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini, Partai Gerindra belum memasukkan nama-nama baru dalam proses penjaringan bakal calon gubernur yang akan mereka usung pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017.

Ketua Tim Penjaringan bakal calon gubernur Partai Gerindra, Syarif, mengatakan, munculnya sejumlah nama tokoh dalam surat undangan acara yang akan digelar DPD partai Gerindra pada Jumat besok, hanya merupakan bagian dari acara silaturahim.

"Itu acaranya DPD, bukan tim penjaringan. DPD mau bersilaturahim dengan para tokoh yang dikabarkan akan maju di Pilkada. Mau membicarkan banyak hal seputar Jakarta," kata Syarif kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2016).

Sebagai informasi, DPD Partai Gerindra mengadakan acara di sebuah hotel di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (12/2/2016).

Pada acara itu Gerindra mengundang 12 tokoh. Sebagian adalah tokoh yang masuk dalam bursa penjaringan partai, seperti Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, pengusaha Sandiaga Uno, anggota DPRD DKI Mohamad Sanusi, dan anggota DPR RI Biem Benjamin.

Namun, sebagiannya adalah nama-nama tokoh yang tidak masuk dalam penjaringan. Mereka adalah mantan Menteri pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta Boy Sadikin, dan Ketua DPW PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana.

Ada juga Ketua DPD Partai Demokrat Nachrowi Ramli, pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy, pengusaha Isnaeni, pengamat tata kota Marco Kusumawijaya, dan pakar hukum dan perundang-undangan Yusril Ihza Mahendra.

Meski menyebut mereka bukan balon gubernur dari Gerindra, Syarif mengatakan tidak menutup kemungkinan mereka nantinya akan masuk dalam proses penjaringan.

Menurut Syarif, langkah itu akan dilakukan bila ada permintaan dari pengurus di tingkat DPD.

"Kalau DPD minta, nanti kami bisa masukkan," ujar Syarif.

Saat ini, Gerindra diketahui sedang melakukan proses penjaringan untuk menentukan orang yang akan mereka usung pada Pilkada DKI 2017. Ada delapan nama yang masuk.

Mereka adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, pengusaha Sandiaga Uno, anggota DPRD DKI Mohamad Sanusi, anggota DPR RI Biem Benjamin, Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Daerah Saefullah, dan mantan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin.

Kedelapan nama itu nantinya dikerucutkan menjadi tiga pada Juni mendatang. Dari tiga nama, DPP akan menentukan satu orang yang akan mereka usung sebagai calon gubernur dari Partai Gerindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com