Kompas.com - 11/03/2016, 22:17 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut tidak pernah dimintai uang oleh partai politik yang hendak mengusungnya maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada), termasuk saat dirinya maju mendampingi Joko Widodo pada Pilkada 2017.

Menurut Ahok, saat itu baik PDI Perjuangan maupun Gerindra sama-sama tidak meminta uang kepada dirinya dan Jokowi.

"PDI-P tidak pernah minta dana dari saya. Gerindra juga, dari dulu," kata dia di RSUD Budhi Asih, Jakarta Timur, Jumat (11/3/2016).

Ahok lalu mengklarifikasi ucapannya pada Kamis kemarin. Menurutnya, uang Rp 100 Miliar untuk menggerakan mesin partai yang ia maksud bukanlah berdasarkan pengalaman pribadi. (Baca: Ahok: Kalau "Nyagub" lewat Partai Bisa-bisa Rp 100 Miliar Enggak Cukup)

Ia menyebut melontarkan pernyataan itu hanya sebagai saran agar PDI-P tidak menghabiskan banyak dana. Dengan majunya ia di Pilkada melalui jalur independen, maka PDI-P bisa menghemat banyak dana.

Seperti diketahui, PDI-P merupakan parpol yang paling berkeinginan mengusung Ahok.

"Mereka kan mempermasalahkan independen. Terus saya bilang kalau independen biayanya bisa lebih murah, karena tidak perlu biaya untuk menggerakan seluruh mesin partai. Masyarakat yang bergerak sendiri," ujar dia.

Menurut Ahok, jika ia maju melalui jalur independen, maka seluruh logistik untuk kampanye dibiayai oleh relawan.

"Kalau lewat partai, partai yang mesti keluar duit. Dulu PDI-P tidak minta uang ke saya, tapi PDI-P kan keluar duit. Mereka nyari sumbangan," kata dia.

Sebelumnya, Ahok mengaku tidak punya cukup uang untuk ikut Pilkada DKI 2017 melalui jalur partai politik. Sebab, menurut dia, ikut pilkada melalui jalur parpol membutuhkan banyak uang untuk menggerakkan mesin partai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.