Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Siapkan Rekening Khusus untuk Tampung Sumbangan Pengusaha

Kompas.com - 14/03/2016, 22:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, membuka peluang untuk para pengusaha memberikan sumbangan kepada dirinya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Rencananya, Basuki akan membuka rekening resmi untuk menampung sumbangan itu jika dirinya telah resmi menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau dia mau nyumbang, masa saya Iarang. Pengusaha siapapun, dia bisa transfer langsung," kata Basuki, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Rekening itu nantinya dibuka untuk dukungan pasangan calon Basuki dengan Heru Budi Hartono.

"Nanti mereka (pengusaha) bisa kirim sumbangan maksimum Rp 500 juta," kata Basuki.

Beberapa waktu lalu, Basuki membeberkan upayanya melobi pengusaha untuk mendapat sokongan dana dalam Pilkada DKI 2012. Kala itu, pasangan Jokowi-Basuki membutuhkan dana sekitar Rp 4,5 miliar untuk membayar saksi di tempat pemungutan suara (TPS).

Kemudian Basuki melobi sembilan perusahaan. "Saya yang cari itu sembilan perusahaan yang sumbang Rp 500 juta, dan salah satunya itu yang punya ABC. Ketemu saya, saya bilang saya butuh uang oksaksi Rp 4,5 miliar, langsung dia bilang oke," kata Basuki.

"Tapi saya minta transparan lho masuk ke rekening kampanye, pakai PT kan bisa sampai 500 juta, dia bilang enggak apa-apa dan langsung dikirim dari sembilan PT masing-masing Rp 500 juta," kata Basuki saat menjadi narasumber seminar publik yang digelar Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Internasional, akhir pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com