Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Parah di Pasar Ciputat, Lurah Sebut Itu Kesalahan Kebijakan Pemerintah

Kompas.com - 24/04/2016, 13:31 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Lurah Ciputat Rahmat KS menyadari, arus lalu lintas di Jalan Aria Putra dekat Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, tidak teratur. Menurut dia, hal itu diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah peningkatan jumlah kendaraan dari hari ke hari.

"Problemnya adalah, yang pertama, jumlah kendaraan semakin tinggi. Masalah kebijakan negeri ini terkait dengan jumlah kendaraan, berimplikasi terhadap kondisi di daerah," kata Rahmat saat dihubungi Kompas.com, Minggu (24/4/2016).

Faktor lain yang turut membuat kawasan Pasar Ciputat dilanda macet adalah para pedagang yang berjualan di badan jalan. Dengan kondisi seperti itu, laju kendaraan tersendat karena lebar jalan semakin sempit.

"Pedagang berjualan di 50 persen badan jalan. Bukan trotoar lagi, loh. Ini sudah badan jalan. Masalahnya sudah serius," ujar Rahmat.

Hal itu diperparah lagi dengan kebiasaan pengemudi angkutan umum yang menunggu penumpang (ngetem) di sana.

Menurut pantauan Kompas.com di lokasi pada Minggu pagi, kebanyakan angkutan umum ngetem dari sebelum masuk ke kawasan Pasar Ciputat hingga ke persimpangan dekat jalan layang Ciputat.

Antrean angkutan umum yang didominasi oleh kendaraan berwarna putih tersebut membuat laju kendaraan roda empat lain di belakangnya ikut terhambat.

Faktor lain yang menyebabkan kemacetan adalah keberadaan tumpukan sampah yang diletakkan di tengah jalan.

Menurut Rahmat, walaupun petugas Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan sudah mengangkut sampah di sana, tetap ada tumpukan-tumpukan sampah dalam jumlah kecil.

Tumpukan itu disebut berasal dari warga dan pedagang di sana yang sudah terbiasa membuang sampah sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com