Alasan Alfini Menghalangi Sepeda Motor di Trotoar Jalan Sudirman - Kompas.com

Alasan Alfini Menghalangi Sepeda Motor di Trotoar Jalan Sudirman

Kompas.com - 03/05/2016, 15:32 WIB
Istimewa Halaman muka koran The Jakarta Post yang menampilkan aksi Alfini menghadang sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com — Alfini Lestari (34) tak mengira aksinya menghalangi sejumlah pengguna sepeda motor di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, akan menjadi heboh di media sosial dan media massa.

Aksi Alfini dilatarbelakangi kegerahannya melihat para pengendara sepeda motor tak patuh aturan. Mereka mengokupasi ruang para pejalan kaki di trotoar.

"Saya geregetan aja lihat (sepeda) motor. Masalahnya, mereka sudah punya jalan sendiri, masih aja ambil (jalan) buat pejalan kaki," kata Alfini saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Alfini tak habis pikir dengan pengendara sepeda motor yang melintas di atas trotoar. Para pengendara itu juga tak sabar seperti pengendara di jalur biasa.

"Apa gak malu? Bagaimana Indonesia seperti (ini), gak punya aturan," kata Alfini.

Aksi Alfini sudah dimulai tiga pekan lalu. Ia melakukan aksinya antara pukul 07.30 WIB dan 08.00 WIB. Kawasan Jalan Jenderal Sudirman dipilih karena ia bekerja tak jauh dari trotoar itu, yaitu dekat Lapangan Golf Senayan.

Alfini mengaku tidak terinspirasi oleh orang lain dalam melakukan aksinya. Ia murni jengkel melihat perilaku pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman.

"Saya gak ada inspirasi dari siapa-siapa. Saya pergi pagi, sampai rumah pukul 08.00 malam. Ngelihat televisi sebentar aja.... Saya geregetan aja," kata Alfini.

Foto Alfini saat sedang menghalangi sepeda motor yang naik ke trotoar di Jalan Jenderal Sudirman pada Senin kemarin terpampang di halaman depan harian The Jakarta Post edisi Selasa. Foto itu kemudian menjadi viral di media sosial, salah satunya lewat akun Facebook dari Koalisi Pejalan Kaki.

"Jangan kasih ampun #JETRO Ajak dan Ajarkan mereka untuk Tertib #BegalPemotordiTrotoar #SelamatkanPejalanKaki," tulis Koalisi Pejalan Kaki di halaman Facebook-nya, dan langsung menjadi viral.


EditorEgidius Patnistik

Terkini Lainnya


Close Ads X