Kali Baru Barat Pancoran Juga Jadi Tempat Anak-anak Bermain Air - Kompas.com

Kali Baru Barat Pancoran Juga Jadi Tempat Anak-anak Bermain Air

Kompas.com - 18/05/2016, 10:26 WIB
Nursita Sari Kali Baru Barat di Mbau, Pancoran, Jakarta Selatan, yang biasa dijadikan tempat anak-anak bermain air. Rabu (18/5/2016) pagi ini anak-anak belum tampak di kali, para petugas dari UPK Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta masih membersihkan sampah-sampah yang mengotori kali.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kali Baru Barat di Jalan Raya Pasar Minggu, Mbau, Pancoran, Jakarta Selatan, sering dijadikan oleh anak-anak untuk bermain air. Setiap hari, mereka biasanya datang ke kali pada siang hari.

"Datang segerombolan pakai sepeda, enggak tahu rumahnya pada jauh," ujar salah satu petugas UPK Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang biasa membersihkan Kali Baru Barat, Jalil, saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (18/5/2016).

Menurut Jalil, anak-anak sudah sejak sekitar akhir 2014 bermain di sekitar kali. Namun, mereka baru mau bermain di kali setelah kali tersebut bersih dari sampah.

"Akhir-akhir 2014 ada satu dua, makin lama makin banyak. Kalau dulu ibaratnya dia belum mau nyebur, belum berani, 2015 setelah ini, sudah steril mah sudah berani," kata pria yang sudah tiga tahun bekerja membersihkan Kali Baru Barat itu.

Meski kali tersebut dibersihkan setiap hari, selalu saja ada sampah yang mengotori kali. Jalil dan ketiga rekannya itulah yang membersihkan sampah-sampah itu setiap harinya.

"Kalau kayak gini (masih ada sampah) anak-anak enggak mau mandi. Entar kalau sudah bersih pada ke sini. Makanya, siang mereka kalau ke sini," ucap Jalil sambil membersihkan sampah-sampah di kali.

Pada Selasa (17/5/2016) sore kemarin, akun Facebook Dinas Kebersihan DKI mengunggah sebuah foto anak-anak yang tampak asyik bermain air di Kali Baru Barat.

Dinas Kebersihan menyebut keceriaan di wajah anak-anak saat bermain di kali-kali Jakarta kembali terlihat setelah kegiatan bersih-bersih sungai yang digalakkan Pemprov DKI Jakarta berbuah manis.

Pantauan Kompas.com, pagi ini belum tampak anak-anak yang datang ke kali untuk bermain air. Yang ada hanyalah empat petugas UPK Badan Air yang tengah membersihkan kali tersebut.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAna Shofiana Syatiri

Terkini Lainnya


Close Ads X