Masjid Al Azhar Salurkan 24 Ton Beras Zakat

Kompas.com - 06/07/2016, 12:20 WIB
Kompas TV Ribuan Warga Antre untuk Dapatkan Zakat
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Masjid Agung Al Azhar menyalurkan 24 ton beras yang diperoleh dari zakat fitrah ke lembaga maupun warga.

"Masjid Agung Al Azhar menyelenggarakan berbagai kegiatan di bulan Ramadhan, salah satunya adalah penerimaan dan penyaluran zakat fitrah, infaq dan shadaqah. Kami menyalurkan beras 24 ton untuk masyarakat di Jabodetabek," kata Ketua Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al Azhar Yahya usai Shalat Id di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2016), seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, zakat fitrah itu dibagikan melalui lembaga dan perorangan pada Senin dan Selasa pekan ini.

Sebanyak 175 lembaga menerima penyaluran zakat itu seperti yayasan, majelis taklim, masjid, dan mushola yang kemudian akan menyalurkannya kepada warga atau masyarakat yang membutuhkan di bawah naungan lembaga itu.


Selain itu, pihaknya menyalurkan zakat melalui perorangan, yakni langsung ke tangan warga sebanyak 1.300 kantong (satu kantong seberat tiga kilogram).

Dalam skema penyaluran perorangan itu, warga datang ke Masjid Agung Al Azhar kemudian mengambil kupon lalu menukarkan kupon itu dengan kantong beras.

Kemudian, pihak masjid juga menyalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Al Azhar Peduli Ummat sebanyak dua ton beras yang disalurkan melalui 100 kantong masing-masing seberat 20 kg.

"Sasaran penyaluran zakat ini adalah fakir dan miskin," ujar Yahya yang juga Ketua Panitia Ramadhan dan Idul Fitri Masjid Agung Sl Azhar pada 2016.

Ia menambahkan, penerimaan zakat terbilang stabil untuk zakat maal dan fitrah. Penerimaan zakat telah dibuka pada awal Ramadhan sejak 6 Juni 2016 dengan menempatkan tiga titik pembayaran zakat di bagian barat, utara dan timur masjid.

"Pembayaran zakat terkonsentrasi dalam lima hari terakhir sebelum Lebaran," tuturnya.

"Semoga bisa membantu para fakir miskin untuk bisa menikmati Idul Fitri. Diharapkan yang biasanya mulung, jadi tidak mulung lagi, bisa menikmati indahnya Lebaran," ujar Yahyah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X