DKI Akan Lakukan Operasi Bina Kependudukan pada H+20 Lebaran

Kompas.com - 12/07/2016, 14:49 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi, saat rapat bersama Komisi A DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (21/6/2016). Kompas.com/Kurnia Sari AzizaKepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi, saat rapat bersama Komisi A DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (21/6/2016).
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta akan melaksanakan Operasi Bina Kependudukan pada 20 hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi, Selasa (12/7/2016).

"(Operasi Bina Kependudukan) sebenarnya kami lakukan nanti ya, mungkin H+20 terus sampai Desember," kata Edison.

Ia menjelaskan, Operasi Bina Kependudukan memang rutin dilaksanakan. Tidak hanya untuk mencegah arus urbanisasi pasca-Hari Raya Idul Fitri. Operasi itu merupakan sosialisasi administrasi rutin yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta ke permukiman warga.


"Pelaksanaannya terpadu. Ada Satpol PP, Dinas Sosial, unsur kelurahan, unsur tokoh masyarakat, kecamatan, TNI/Polri, ada semua di sana," kata Edison.

Operasi dilakukan tiap bulan dan di seluruh wilayah kota/kabupaten.

"Tapi ada juga di beberapa wilayah kota itu tiap tahun bisa 40 putaran operasi binduknya (bina kependudukan)," kata Edison.

Rencananya operasi akan menyasar lokasi-lokasi bekas penertiban serta jalur hijau. Hal itu untuk mencegah pendatang mendirikan bangunan di atas jalur hijau.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X