Kompas.com - 23/10/2016, 17:42 WIB
|
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal cagub DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi turunnya elektabilitasnya dalam survei Saiful Mujani Research Center (SMRC).

Dalam survei SMRC dari pada 1-9 Oktober 2016 terhadap 648 responden warga DKI, elektabilitas Anies-Sandiaga berada di nomor tiga sebesar 20,7 persen.

Sedagkang elektabilitas pasangan Agus Harimurti-Sylviana Murni sebesar 22,4 persen serta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mencapai 45,4 persen.

Lantas, bagaimana tanggapan Anies?

"Setahu saya ada lima survei, empat menempatkan saya di posisi kedua, satu di posisi ketiga," kata Anies di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (23/10/2016).

Anies tak membeberkan nama-nama lembaga survei tersebut. Namun dari catatan Kompas.com, setidaknya ada tiga survei yang menempatkan Anies di posisi kedua.

Pertama survei LSI pada 26-30 September 2016, Anies-Sandiaga berada di posisi kedua dan memperoleh 21,1 persen.

Kedua, survei dari Populi yang menunjukkan Anies-Sandiaga masih berada di posisi kedua dengan perolehan 23,5 persen.

Survei ketiga dilakukan Media Survei Nasional pada 26 September-1 Oktober 2016 yang menunjukkan Anies-Sandi berada di posisi kedua dengan perolehan 25,4 persen bila disumalasikan tiga paslon.

Kendati demikian, Anies mengaku tak khawatir bila SMRC akhirnya menempatkan dia di posisi ketiga.  Ia dan Sandiaga akan tetap meneruskan pesan untuk hadir dan merawat kebinekaan.

"Kalau kami, senang-senang aja. Makin banyak variasi, koreksi mana yang perlu diperkuat," kata Anies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.