Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Kalau Harga Barang Naik, UMP Naik, Tetap Terasa Berat

Kompas.com - 28/10/2016, 14:11 WIB
David Oliver Purba

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan kenaikan upah harusnya diimbangi dengan penurunan harga kebutuhan pokok. Menurut Anies, meski terjadi kenaikan upah, hal itu tidak akan terlalu dirasakan warga Ibu Kota jika harga bahan pokok masih tetap mahal.

"Kalau harga (barang) naik, meskipun UMP (upah minimum provinsi) naik, ya tetap terasa berat. Tapi kalau harga turun, maka dengan uang yang sama bisa mendapatkan barang lebih banyak," ujar Anies saat mengunjungi Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2016).

Pernyataan Anies itu menanggapi UMP 2017 sebesar Rp 3.355.750 yang telah disahkan Pemprov DKI. Terkait apakah UMP tersebut telah sesuai dengan kebutuhan warga Jakarta, Anies enggan menjawab.

(Baca: UMP DKI 2017 Diteken, Ahok Minta Buruh Tak Mogok Massal)

Namun, Anies menilai harus ada kajian mendalam untuk penetapan UMP tersebut dilihat dari sisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 dan kebutuhan masyarakat.

"Ya nanti kita lihat lagi. Tapi yang pasti dua-duanya (harus dikaji)," ujar Anies.

Sehari jelang cuti kampanye, Kamis (27/10/2016), Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menetapkan nilai upah minimum provinsi (UMP) 2017 sebesar Rp 3.355.750.

Penetapan UMP tersebut mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Kompas TV Gubernur Ahok Tetapkan UMP DKI Rp 3,3 Juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com