Kompas.com - 31/10/2016, 12:42 WIB
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com -
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengaku tidak menerima gaji maupun uang operasional dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dia mengaku hanya menerima gaji serta tunjangan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono juga masih menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

"Saya tidak terima gaji dari DKI, juga tunjangan," kata pria yang akrab disapa Soni tersebut, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (31/10/2016).

(Baca: Saat Sumarsono Mulai Menggantikan Ahok)

Soni mengaku dirinya hanya mendapat sejumlah fasilitas operasional. Seperti mobil dan rumah dinas di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat.

"Mobil sekadar untuk wara-wiri operasional, uang bensin lah. Selebihnya enggak ada," kata Soni.

(Baca: Ahok Puji Pengalaman Plt Gubernur DKI Sumarsono)

Adapun gubernur mendapat gaji pokok dan uang operasional tiap bulannya. Gubernur non aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menyebut jumlah gaji pokok gubernur tidak besar.

Namun gubernur mendapat tunjangan operasional yang besarnya 0,1 persen dari nilai pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta.

Adapun Sumarsono menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta karena Ahok dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat cuti kampanye pilkada. Masa kampanye itu akan berlangsung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Kompas TV Plt Gubernur DKI: Harusnya Pak Ahok Terima Kasih
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.