Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutan Salemba Minta Kepastian KPU soal Pemilih Berstatus Warga Binaan

Kompas.com - 01/11/2016, 17:23 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Sub Seksi Umum Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Muryami, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kepastian soal pemilih yang berstatus warga binaan.

"Saat ini ada sekitar 3.700 warga binaan, sementara berdasarkan database kami dari berkas yang diterima penyidik, (warga binaan) ber-KTP DKI 2.700 (orang)," kata Muryami di Jakarta Pusat, Selasa (1/11/2016).

Muryami menambahkan, setiap hari tahanan silih berganti di Rutan Salemba. Hal itu juga berpengaruh pada jumlah pemilih di Rutan Salemba.

Muryami mengatakan, meskipun DPT ditetapkan pada Desember 2016, pemilih di Rutan Salemba akan terus bertambah dan berganti.

Berdasarkan pengalaman Pilpres 2014, narapidana tidak tercantum di DPT, ada solusi yang diberikan.

"Warga binaan diberikan surat keterangan (dari) kepala rutan bahwa warga binaan sedang jalani pidana saat Pilkada DKI dan orang tersebut sedang ditahan di rutan," kata dia.

Oleh karena itu, Muryami mempertanyakan apakah solusi tersebut masih berlaku saat Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat menanggapi itu, Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memberikan jawaban atas Muryami. Pasalnya, kewenangan itu dimiliki KPU RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com