Kompas.com - 03/11/2016, 16:56 WIB
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dihadang sekelompok orang saat berkampanye di Rawabelong pada Rabu (2/11/2016) sore.

Menanggapi itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan pihak kepolisian telah memberi tahu kepada tim sukses Ahok bahwa ada penolakan dari sekelompok orang sebelum Ahok kesana.

Hal tersebut diketahui dari bagian intelijen yang dimiliki pihak kepolisian. Namun, tim sukses Ahok, menurut Awi, tetap bersikeras untuk melakukan kampanye di kawasan tersebut.

"Kita sudah sampaikan kepada tim sukses (Ahok) bahwa di sana (Rawabelong) ada penolakan, tapi tetap mau ke sana," ujar Awi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (3/11/2016).

Awi menambahkan, setelah suasana semakin memanas, akhirnya polisi mengambil tindakan dengan mengevakuasi Ahok ke Mapolsek Kebon Jeruk. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Setelah diteriaki massa sepuluh orang akhirnya kita ambil keputusan untuk batalkan dan pasangan nomor dua (Ahok) kita perintahkan untuk kembali. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Jadi kita sudah cegah itu," ucap Awi. (Baca: Kampanyenya Ricuh, Ahok Diangkut Pakai Angkot ke Mapolsek Kebon Jeruk)

Sebelumnya Ahok hanya sekitar 15 menit blusukan menyapa warga di Rawabelong. Sekelompok warga menolak kedatangan Ahok. Mereka berteriak dan membawa spanduk penolakan Ahok.

Mereka sempat mengejar Ahok sebelum diamankan oleh personel kepolisian. Ahok beserta rombongan dievakuasi menggunakan Mikrolet M24 ke Mapolsek Kebon Jeruk. Awalnya Ahok akan meninjau Kali Sekretaris. Namun rencananya gagal setelah mendapat penolakan dari warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.