Kompas.com - 12/11/2016, 12:58 WIB
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan melibatkan pengurus RT dan RW dalam mendata anak-anak yang membutuhkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus bila ia terpilih sebagai gubernur.

KJP Plus merupakan program yang disebut Anies sebagai salah satu program dia bersama calon wakil gubernur, Sandiaga Uno.

"Selama ini, datanya kami ambil dari BPS (Badan Pusat Statistik). Kami juga akan data dari yang namanya FUS, fasilitas usulan sekolah. FUS itu untuk cover yang tidak terdata dari sekolah. Nah, RT/RW yang tahu persis siapa yang paling membutuhkan di wilayah mereka," kata Anies saat berkampanye di RW 12 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (12/11/2016).

(Baca juga: Anies: Sepertiga Anak SMA di Jakarta Tak Sekolah, Padahal Ini Ibu Kota)

Pendataan itu dibutuhkan karena program KJP Plus disebut Anies tidak hanya untuk anak yang bersekolah, tetapi semua anak usia sekolah, baik yang masih melanjutkan sekolahnya maupun yang terpaksa putus sekolah.

Bantuan bagi anak yang putus sekolah ini nantinya berupa dana tunai yang bisa digunakan untuk kursus dan latihan keterampilan.

"Dengan begitu, Insya Allah anak di Jakarta punya peluang menuntaskan pendidikannya," ujar dia.

(Baca juga: Anies: Kalau dengan KJP Sekarang, Anak Putus Sekolah Tak Dapat Bantuan)

Terkait dengan besaran nominal bantuan tunai, sementara ini Anies masih mengacu pada besaran bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Adapun bantuan dari KIP untuk murid SD sebesar Rp 450.000, murid SMP sebesar Rp 750.000, dan murid SMA sebesar Rp 1 juta.

Kompas TV Anies Janji Bangun Ruang Bermain Anak & Remaja
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.