Kompas.com - 29/11/2016, 16:18 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menempati posisi terakhir hasil survei cagub paling dikenal dan disukai. Survei itu dilakukan Charta Politika pada 17-24 November 2016.

Hasil survei itu menujukkan bahwa hanya 19,5 persen responden yang mengenal Anies. Sementara ada 24,3 persen responden mengenal Agus Harimurti Yudhoyono, dan 48 persen mengenal Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Responden yang tidak menjawab sebanyak 8,2 persen.

Sementara itu, cagub paling disukai adalah Agus sebesar 31 persen, disusul Ahok 27,8 persen dan Anies 27,3 persen. Sedangkan yang tidak menjawab 13,9 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan kondisi itu bisa berdampak karena kampanye Anies belum optimal. Apalagi, kata dia, berdasarkan survei, variabel alasan masyarakat memilih dan tidak memilih Anies masih sedikit.

"Artinya ini sebuah tamparan kampanye yang dilakukan Anies tapi juga bisa sebuah kesempatan apabila Anies bisa melakukan lebih baik," kata dia.

Kesempatan itu berupa mendapatkan limpahan elektabilitas. Hal itu bisa lebih terbuka daripada dua pasangan lain.

Pengumpulan data dalam survei itu dilakukan pada 17-24 November 2016. Survei itu dilakukan dengan metode wawancara tatap muka yang menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 733 responden dari 800 yang direncanakan. Responden tersebar di lima wilayah kota administrasi dan satu kepulauan.

Margin of error dalam survei ini kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan dana Charta Politika sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.