Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Nilai Ahok Tidak Bisa Jawab Pertanyaannya Saat Debat Cagub

Kompas.com - 16/12/2016, 07:19 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan 3 merasa belum puas berdebat dengan pasangan calon nomor pemilihan 2, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. Sebab, menurut dia ada pertanyaan yang ia lontarkan tetapi tidak dijawab oleh pasangan tersebut.

Anies mengatakan, pertanyaan tersebut seputar penjelasan dari Ahok soal kata-kata yang ia kerap lontarkan ke depan publik yang dia rasa tidak patut dikeluarkan oleh seorang pemimpin.

"Ketika saya menanyakan apa penjelasan dari gubernur ketika mengungkapkan kata-kata yang tak pantas. Itu tidak dijawab. Beliau hanya menceritakan orang yang datang. Tapi tidak menjelaskan atas kata-kata seperti itu," ujar Anies seusai program "Rosi dan Kandidat Pemimpin Jakarta" di Kompas TV, Kamis (15/12/2016) malam.

Dalam acara tersebut Ahok sempat menjawab pertanyaan Anies mengenai hal itu. Menurut Ahok, jika memang warga merasa dirinya tak pantas menjadi pemimpin karena kerap melontarkan kata-kata yang dianggap tidak pantas, tetapi mengapa masih ada saja warga yang datang menemuinya untuk meminta foto bersama.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama ( kiri) dan Djarot Saiful Hidayat (kedua dari kiri) serta pasangan kandidat nomor urut 3, Anies Baswedan (kedua dari kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) saat debat kandidat program acara Rosi dan Kandidat Pemimpin yang di selenggarakan Kompas TV Jakarta di Djakarta Theater Ballroom, Jakarta, Kamis (15/12/2016).
Menurut Anies, jawaban dari Ahok tersebut belum menjawab pertanyaan dari dirinya. Untuk itu, ia menilai Ahok tidak bisa menjawab pertanyaaan dari dirinya. Anies menganggap, dengan tidak menjawab pertanyaan dari dia, untuk apa ada program debat cagub.

"Kita memerlukan pemimpin yang dari pikirannya, dari kata-katanya dan kerjanya membuat orang merasa bersatu, terayomi dan mau bergerak maju. Bukan justru malah merasa terkotak-kotak," ucap dia. (Baca: Anies Kritik Ahok Bertindak "One Man Show" dalam Memimpin Jakarta)

Anies mengungkapkan, seorang pemimpin merupakan pedoman bagi warganya. Untuk itu, dia merasa seorang pemimpin harus dijaga tutur katanya.

"Karena pemimpin adalah pendidik, teladan. Maka ungkapannya pun layak dikutip, layak ditiru. Tapi kalau ungkapannya tak layak ditiru, pantaskah jadi pemimpin? Tidak layak," tegasnya.

Kompas TV Pendidikan & Lapangan Kerja Jadi Sorotan Anies-Sandi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com