Kompas.com - 13/01/2017, 21:16 WIB
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mempertanyakan pengelolaan bantuan langsung sementara (BLS) sebesar Rp 1 miliar per RW per tahun yang dijanjikan pasangan calon gubernur-wakil gubernur, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Djarot sempat keliru saat menyebut program Agus-Sylvi tersebut.

"Untuk pasangan calon nomor urut 1, pertanyaan saya bagaimana mengelola dana Rp 10 miliar per RW," kata Djarot, dalam debat perdana cagub-cawagub DKI Jakarta, Jumat (13/1/2017) malam.

"Rp 1 miliar," kata calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengoreksi pernyataan Djarot.

"Iya, bagaimana cara mengelola dana Rp 1 miliar per RW supaya mereka bisa mempertanggungjawabkan dan tidak masuk penjara," kata Djarot.

(Baca: Tak Ada Senyum dan Tepuk Tangan Saat Pejabat DKI Nonton Debat Cagub-Cawagub)

Setelah itu, Agus menjawab bahwa bantuan itu tidak akan membebani APBD DKI Jakarta. Pasalnya APBD DKI 2017 mencapai Rp 70,19 triliun.

"Kalau ada pemimpin yang mau membantu rakyat miskin jangan dianggap membodohi dan tidak punya hati. Padahal dalam konstitusi, pemimpin harus bantu hidup rakyat miskin," kata Agus.

Dia mengatakan, keluarga kurang mampu akan medapatkan BLS sebesar Rp 5 juta tiap tahunnya. Agus menghitung total pemberian BLS tiap tahunnya mencapai Rp 600 miliar.

"Tidak ada program bagi-bagi uang. Ini masalah kemanusiaan, warga mati kelaparan, apa pemimpinnya tidak peduli," ucap Agus.

Kompas TV KPU DKI Jakarta Siapkan 3 Tema Debat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.