Kompas.com - 17/01/2017, 09:13 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com — Massa pendukung Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama mulai mendatangi kawasan di sekitar Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017) pagi. Ahok hari ini menjalani sidang lanjutan dalam kasus dugaan penodaan agama. Ahok menjadi terdakwa dalam kasus itu.

Massa datang untuk memberi dukungan kepada Ahok. Seperti pada sidang-sidang sebelumnya, mereka mengenakan kemeja kotak-kotak.

Di lokasi sudah tampak dua kendaraan bak terbuka yang diisi perlengkapan sound system yang akan digunakan para pendukung untuk berorasi. Sampai sekitar pukul 07.25, operator yang ada di kendaraan sound system terpantau masih mengecek kondisi peralatan yang dibawa, sambil mencoba volume yang keluar dari speaker.

"Cek...cek... cek... dua, dua, dua menang...," kata operator itu melalui pengeras suara.

Dua yang disebutkan operator itu mengacu pada nomor pemilihan Ahok pada Pilkada DKI 2017. Ahok saat ini juga sedang berkampanye agar terpilih kembali pada Pilkada DKI 2017.

Sementara itu, polisi dengan membawa perlengkapan antihuru-hara tampak bersiaga tak jauh dari massa Ahok berkumpul. Kawat berduri sudah menutup akses Jalan RM Harsono.

Selain pendukung Ahok, massa yang kontra Ahok juga biasanya berunjuk rasa di luar lokasi persidangan.

Kedua kelompok itu, yaitu kelompok pro dan kontra Ahok, dipisah oleh polisi agar tidak menimbulkan kekacauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.