Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Mapolda Metro Jaya, Massa FPI Nyanyikan "Indonesia Raya"

Kompas.com - 23/01/2017, 10:12 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa Front Pembela Islam (FPI) tiba di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/1/2017), untuk mengawal pemeriksaan pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Rizieq akan diperiksa oleh Subdirekorat Fiskal, Moneter, dan Devisa Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, terkait ucapannya soal gambar palu arit di logo Bank Indonesia dalam lembaran uang rupiah. Pemeriksaan Rizieq terjadwal pukul 10.00 WIB.

Mobil komando peserta aksi tiba di depan Mapolda Metro Jaya dan langsung mengajak massa menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Sekitar pukul 09.50 WIB, massa aksi masih merapikan barisan. Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan sempat meminta massa tidak menutup jalur cepat Jalan Jenderal Sudirman.

"Tolong agar tetap di jalur lambat, jangan di jalur cepat, massa tetap di luar," kata Iwan kepada massa di lokasi.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Massa Front Pembela Islam berunjuk rasa di depan Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/1/2017). Pimpinan FPI Rizieq Shihab diperiksa oleh Subdirekorat Fiskal, Moneter, dan Devisa Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, terkait ucapannya soal gambar palu arit di logo Bank Indonesia dalam lembaran uang rupiah.

(Baca: Polisi Kawal Massa FPI Saat Berjalan Menuju Mapolda Metro Jaya)

Massa saat ini masih berorasi sambil menunggu kehadiran Rizieq. Mereka berkali-kali meneriakkan takbir.

Susunan kawat berduri yang panjang membatasi massa agar tak melintasi area Mapolda Metro Jaya. Puluhan polisi bersenjata laras panjang menjaga ketat Gedung Polda Metro Jaya dari pintu keluar Gatot Subroto dan pintu Jalan Sudirman.

Selain polisi, ada belasan tentara yang menunggu di dalam area Mapolda Metro Jaya. Sembilan mobil barakuda disiagakan di lokasi.

Kawat besi juga sudah melintang di pintu gerbang utama yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Selain itu, satu unit mobil damkar juga bersiaga di depan Direktorat Reserse Kriminal Khusus, tempat Rizieq akan diperiksa.

Kompas TV Awal Mula Kasus yang Menjerat Rizieq Shihab
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com