Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Puji Sikap Kesatria Agus

Kompas.com - 15/02/2017, 22:45 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Sandiaga Uno, mengaku telah menerima telepon dari calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam perbincangan di telepon itu, Agus mengucapkan selamat kepada Sandiaga karena lolos ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta berdasarkan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei.

Pasangan dari calon gubernur Anies Baswedan itu memuji Agus sebagai seorang yang berjiwa kesatria.

(Baca: Agus Ucapkan Terima Kasih pada Relawannya)

"Kami sangat memberikan apresiasi kepada calon gubernur nomor 1 yang secara sangat elegan, kesatria, sudah memberikan gambaran perjuangan tradisi demokrasi Indonesia yang sejuk dan bersahabat," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/2/2017).

Sandiaga menilai sikap dari Agus mencontohkan tradisi demokrasi di Indonesia yang sejuk dan bersahabat.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi langkah putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

"Ini juga memperlihatkan kematangan demokrasi di Indonesia. Tulus dan ikhlas. (ini) sebuah modal penting untuk membangun Jakarta masa depan," kata Sandiaga.

Agus sebelumnya mengaku telah mengucapkan selamat kepada dua pasangan cagub-cawagub lainnya, yakni Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang masuk putaran kedua.

"Tadi saya sudah menelepon langsung Bapak Basuki. Saya juga sudah mencoba menghubungi Bapak Anies, termasuk Bapak Sandi. Tetapi, beliau berdua masih ada kegiatan. Tujuan kami menghubungi beliau-beliau adalah untuk secara langsung mengucapkan selamat atas capaian mereka berdua," ucap Agus di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017) malam.

(Baca: Agus: Secara Kesatria dan Lapang Dada, Saya Menerima Kekalahan)

Seperti diberitakan, hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menempatkan Agus dan cawagub pasangannya, Sylviana Murni, di posisi paling bawah dengan persentase paling kecil.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas, misalnya, menyebutkan, suara pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, di posisi pertama dengan perolehan 42,87 persen.

Disusul Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan 39,76 persen. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni 17,37 persen.

Kompas TV AHY mengaku menerima apapun hasil yang ada, meski dirinya dinyatakan memiliki suara paling sedikit dibandingkan dua pasangan calon lain

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com