Kompas.com - 01/03/2017, 16:27 WIB
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta  Abraham "Lulung" Lunggana ditunjuk menjadi Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda (sebelumnya bernama Badan Legislasi Daerah/Balegda) DPRD DKI Jakarta menggantikan Ketua sebelumnya M Taufik.

Lulung ditunjuk menggantikan Taufik dan mulai memimpin rapat Badan pembentukan peraturan daerah DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2017).

"Kan saya mengisi jabatan antar waktu. Ini kenapa ada karena pada saat itu kami punya komitmen dengan partai Gerindra ketika kami bahas kelengkapan dewan," ujar Lulung.

Secara terpisah, Taufik menjelaskan pergantian pimpinan merupakan kesepakatan yang telah disetujui saat pembentukan alat kelengkapan dewan. Dewan menyepakati untuk masa kepemimpinan Ketua Bapemperda selama 2,5 tahun dan digantikan oleh pimpinan lain.

Hal itu, kata Taufik berdasarkan azas proporsional pembagian jatah pimpinan.

"Ada kesepakatan 2,5 tahunan, (disepakati) semua pimpinan. Berdasarkan azas proposional, jatah pimpinan dapat sekian. Kemudian kami bilang baleg bagi dua ganti-gantian, nggak ada masalah," ujar Taufik. (Baca: Aksi Boikot DPRD DKI dan Memori Hak Angket terhadap Ahok)

Taufik yakin lulung mampu memimpin Bapemperda khususnya dalam menyelesaikan 32 raperda yang telah diusulkan oleh Pemprov DKI dan usulan DPRD DKI tahun ini.

"Kan Lulung ikut juga, selalu ikuti apa yang dilakukan, kerjakan meski bukan alat kelengkapan dewan di situ," ujar Taufik.

Kompas TV Ramadhan Ala Lulung - Bag. 2
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.