Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Agus-Sylvi Tak Masalah Relawan Alihkan Dukungan, asal...

Kompas.com - 03/03/2017, 10:02 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Media Sosial Tim Pemenangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Roy Suryo, menyampaikan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan deklarasi dukungan dari relawan Agus-Sylvi kepada pasangan calon tertentu pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Sebagian relawan Agus-Sylvi telah menyatakan dukungannya untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, sedangkan sebagian lainnya mendukung Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Selama itu tidak mengatasnamakan tim pemenangan dan bukan selaku suara resmi dari Partai Demokrat sendiri," kata Roy saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (3/3/2017) pagi.

(Baca juga: Relawan Agus-Sylviana Nyatakan Dukungan untuk Ahok-Djarot)

Menurut Roy, sikap resmi tim pemenangan Agus-Sylvi hanya akan disampaikan oleh Ketua Tim Pemenangan Agus-Sylvi, Nachrowi Ramli, atau Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Penyampaian sikap resmi ini disebut masih menunggu penetapan pasangan calon putaran kedua oleh KPUD DKI Jakarta.

"Maksimal (penentuan sikap resmi) besok. Artinya kami menghormati secara hukum hasil dari KPUD, meskipun secara de facto Mas Agus sudah mengaku kalah dan mengucapkan selamat kepada Pak Basuki-Djarot dan Pak Anies-Sandiaga," tutur Roy.

(Baca juga: Relawan Agus-Sylvi Alihkan Dukungannya ke Anies-Sandi)

Sikap para relawan ini dinilai Roy tidak terikat dengan sikap partai politik pengusung Agus-Sylvi.

Terlebih, selain Partai Demorkat, ada tiga partai politik lain yang tergabung dalam koalisi pengusung Agus-Sylvi, yaitu PPP, PKB, dan PAN.

Kompas TV Kamis (2/3) kemarin, calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan bertemu dengan Gerbang Jakarta. Kelompok relawan ini, pada putaran pertama pilkada DKI Jakarta mendukung pasangan calon Agus-Sylvi. Dalam pertemuan ini, salah seorang relawan memberikan cincin kepada Anies sebagai bentuk dukungan. Bagi Anies, bergabungnya Gerbang Jakarta menjadi kekuatan baru dalam menghadapi putaran kedua.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com