Kompas.com - 15/03/2017, 19:18 WIB
Calon wakil gubernur DKI Sandiaga Uno saat kampanye di Kramatjati, Jakarta Timur. Rabu (15/3/2017) Kompas.com/Robertus BelarminusCalon wakil gubernur DKI Sandiaga Uno saat kampanye di Kramatjati, Jakarta Timur. Rabu (15/3/2017)
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menanggapi soal spanduk bernada SARA yang terdapat di lokasi kampanyenya di Jalan Raya Tengah, Gang Musolah, RT 04 RW 09, Kampung Tengah, Kramatjati, Jakarta Timur.

Sandiaga mengatakan, spanduk tersebut merupakan inisiatif warga, atau bukan dari relawannya.

"Itu yang kita pastikan bukan dibuat oleh relawan, kalau ada spanduk-spanduk itu mungkin inisiatif masyarakat," kata Sandiaga, usai kampanye di kawasan tersebut, Rabu (15/3/2017).

Menurut Sandiaga, jika panitia pengawas pemilu kecamatan (Panswascam) setempat menilai spanduk itu bernada provokatif, ia sepakat spanduk itu diturunkan. "Saya sepakat itu," ujar dia.

(Baca juga: Panwascam Temukan Spanduk Bernada SARA di Lokasi Kampanye Sandiaga)

Sandiaga juga menanggapi pertanyaan awak media soal munculnya spanduk-spanduk bernada provokatif di Jakarta.

Menurut dia, pihaknya justru menginginkan kerukunan antar-umat. Ia berpesan, tidak ada pihak yang mengoyak dan mencabik keberagaman yang menjadi kekayaan di Jakarta.

Ia menilai, Jakarta merupakan kota yang toleran dan rukun. Sandiaga mengaku telah mengajak relawannya untuk menciptakan kampanye pilkada yang sejuk dan membicarakan masalah program yang diusung.

Ia membantah isu di media sosial yang menyebutkan bahwa tim sukses Anies-Sandi yang membuat spanduk provokatif semacam itu.

"Kita tegaskan bahwa kita tidak pernah membiarkan para relawan untuk membuat perpecahan di antara masyarakat. Kita meminta justru relawan yang menjadi garda terdepan sebagai unit yang mempersatukan warga masyarakat," ujar Sandiaga.

Spanduk bernada SARA

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X