Saat Petugas Transjakarta Jual Kartu Gratis Naik KWK - Kompas.com

Saat Petugas Transjakarta Jual Kartu Gratis Naik KWK

Kompas.com - 04/04/2017, 19:25 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Angkot KWK Trayek T07 (Cililitan-Condet) yang dipasangi stiker khusus bertanda bahwa angkot ini dapat melayani penumpang transjakarta gratis pada jam-jam tertentu. Penumpang transjakarta yang ingin naik KWK gratis disyaratkan memiliki kartu khusus yang bisa didapatkan di Halte Transjakarta, salah satunya di Halte PGC Cililitan.


JAKARTA, KOMPAS.com -
Kartu khusus yang bisa digunakan untuk naik angkot KWK gratis pada jam-jam tertentu tidak hanya bisa didapatkan di halte bus Transjakarta. Tapi juga langsung di dalam angkot KWK pada trayek-trayek yang sudah ditetapkan.

Ada petugas khusus dari PT Transportasi Jakarta yang bertugas menjual kartu kepada para penumpang. Hal itulah yang tampak saat Kompas.com menggunakan angkot KWK trayek T07 (Cililitan-Condet) pada Selasa (4/4/2017) sore.

Terpantau ada dua petugas PT Transjakarta yang sedang menawarkan kartu kepada para penumpang angkot. Keduanya adalah Suheri dan Nurjen.

Kepada para penumpang, Nurjen tampak menjelaskan bahwa dengan membeli kartu tersebut, penumpang tak perlu lagi membayar ongkos jika naik angkot KWK pada pukul 05.00-09.00, dan 16.00-20.00.

"Harganya Rp 15.000, bu. Bisa dipakai buat sebulan. Jadi lebih hemat," kata Nurjen.

Sayangnya, belum ada satupun penumpang angkot tersebut yang tertarik membeli.

(baca: Integrasi dengan Transjakarta, Angkutan KWK Untung atau Buntung?)

Kompas.com/Alsadad Rudi Stiker di loket Halte Transjakarta PGC Cililitan yang bertuliskan pemberitahuan bahwa loket tersebut melayani penjualan kartu khusus untuk penumpang transjakarta yang ingin naik angkot KWK gratis pada jam-jam tertentu.

Namun, tidak demikian di loket halte Transjakarta yang berlokasi di Pusat Grosir Cililitan (PGC). Di tempat itu, terpantau ada beberapa penumpang Transjakarta yang membeli kartu khusus untuk naik KWK gratis.

Salah satunya Tri Rahayu (32). Setelah membayar, nama dan nomor telepon Tri tampak langsung didata oleh petugas loket. Menurut Tri, kartu yang dia beli rencananya akan diberikan pada ibunya karena Tri mengaku sudah memiliki satu kartu yang dibelinya pada Senin (3/4/2017).

"Ibu saya kan sering juga naik. Pas dilihat-lihat lumayan juga bisa hemat kalau pakai (kartu) ini," ujar warga Condet yang lokasi kerjanya berada di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

(baca: Jadi "Feeder" Transjakarta, Sopir KWK Berharap Diberi Uang Bensin)

Mulai 1 April 2017, ada sepuluh trayek angkot KWK yang dapat melayani penumpang gratis pada pukul 05.00-09.00, dan 16.00-20.00. Untuk bisa naik angkot gratis, penumpang hanya perlu menunjukkan kartu kepada sopir.

Selain Cililitan-Condet, sembilan trayek lainnya adalah Tanjung Priok-Balakturi, Kelapa Gading-Terminal Rawamangun, Semper-Tipar Cakung, Pulogadung-Pejuang Jaya, Rawamangun-Klender, Cililtan-Munjul, Pondok Labu-Pasar Kebayoran Lama, Lebak Bulus-Petukangan, dan Rawa Buaya-Grogol.

Saat ini, pada angkot-angkot KWK trayek khusus yang sudah ditetapkan tampak sudah mulai dipasangi stiker khusus bertanda bahwa angkot tersebut dapat melayani penumpang gratis pada jam-jam tertentu.

Adanya layanan gratis ini bertujuan untuk mempermudah penumpang Transjakarta yang tempat tinggalnya jauh dari halte. Adanya layanan gratis diharapkan dapat membantu penumpang menekan pengeluaran ongkos transportasinya sehari-hari.


EditorIndra Akuntono
Close Ads X