Akses Berbentuk Gelang dan Ketatnya Pengamanan Debat KPU - Kompas.com

Akses Berbentuk Gelang dan Ketatnya Pengamanan Debat KPU

Kompas.com - 12/04/2017, 19:44 WIB
KOMPAS.com/NURSITA SARI Pengamanan ketat debat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dilakukan aparat polisi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda dalam debat cagub dan cawagub yang digelar malam ini di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Rabu (12/4/2017).

Pada tiga debat sebelumnya, akses untuk pengunjung yang ingin masuk ke ruang debat harus mengenakan akses berbentuk id card yang dikalungkan. Malam ini, akses yang digunakan berbentuk gelang.

Akses tersebut tidak bisa dipindahtangankan ke orang lain. Satu kali mengenakan akses tersebut, maka tidak bisa dilepas untuk dipindahkan ke tangan orang lain.

Mereka yang ingin masuk ke area debat KPU harus menunjukan gelang tersebut. Masalahnya, tidak semua orang memiliki gelang itu.

Awak media yang bertugas di lobi hotel tidak mendapatkan gelang. Wartawan yang mendapatkan gelang hanya yang bertugas di dalam ruangan debat saja.

Akibatnya, banyak wartawan yang tertahan di pinggir jalan tak jauh dari lobi hotel.

"Kalau mau naik, coba hubungi panitia boleh atau tidak," ujar salah seorang polisi.

Baca: Ini Isi Enam Segmen Debat Putaran Kedua Pilkada DKI

Wartawan yang tertahan harus meminta tolong panitia agar bisa masuk. Pada debat sebelumnya, akses dari KPU masih bisa dipindahtangankan kepada orang lain. Sebab akses tersebut hanya berbentuk id card yang dikalungkan.

Pengamanannya pun tergolong ketat. Dari lobi, ada tiga pintu masuk yang disediakan. Pintu tersebut untuk media dan para undangan. Di tiga pintu tersebut, polisi berbaris dan menyortir kembali tamu-tamu itu. Mereka harus mengenakan akses berbentuk gelang itu.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFidel Ali

Terkini Lainnya


Close Ads X