Dua Truk Sembako Diduga untuk Relawan Ahok-Djarot Ditemukan di DPC PPP - Kompas.com

Dua Truk Sembako Diduga untuk Relawan Ahok-Djarot Ditemukan di DPC PPP

Kompas.com - 17/04/2017, 14:53 WIB
KOMPAS/DIDIE SW Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panwaslu Jakarta Selatan Ahmad Ari Masyhuri mengatakan, pihaknya menemukan dua truk sembako di Kantor PPP di Jakarta Selatan. Sembako tersebut yaknis beras dan minyak goreng.

"Pagi tadi ditemukan di Jagakarsa, sembako di kantor PPP. Banyak, ada dua truk," ujar Ari saat dihubungi, Senin (17/4/2017).

Saat ditemukan, sembako tersebut masih dalam karung. Namun, ada pula beberapa yang sudah dibungkus plastik. Panwaslu Jakarta Selatan menilai ada hal yang janggal karena ada tumpukan sembako menjelang pencoblosan 19 April 2017.

Ari mengatakan, sebagian sembako tersebut diamankan oleh Panwaslu dan sebagian masih di kantor PPP. Sembako itu diduga akan dilakukan oleh relawan pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Dugaan sementara dilakukan oleh relawan dari paslon nomor dua. Tapi ini kami perlu pendalaman apakah itu peruntukan untuk pilkada ini atau untuk kegiatan internal partai," kata Ari.

Baca: Panwaslu Temukan Rumah Penyimpanan Sembako Relawan Ahok-Djarot di Jakarta Utara

Panwaslu Jakarta Selatan saat ini tengah melakukan klarifikasi terhadap Ketua DPC PPP Jakarta Selatan kubu Romahurmuziy, Saiful Anwar. Selain di Jakarta Selatan, sembako yang diduga dari relawan Ahok-Djarot juga ditemukan tiga wilayah lainnya di DKI Jakarta.

Panwaslu menemukan 355 paket berisi 1 kilogram beras, 1 kilogram minyak goreng, 2 bungkus mie instan, dan 1 bungkus sarden. Di Jakarta Timur, Panwaslu menemukan 6 karung paket sembako di Susukan serta 169 karung sembako atau sekitar 845 paket yang berisi beras, minyak goreng, dan gula pasir di Cakung Timur pada Minggu (16/4/2017) malam.

Sementara Panwaslu Jakarta Barat juga mengamankan sembilan mobil box besar dan sebelas karung berisi paket sembako di tiga wilayah di Jakarta Barat. Sembako tersebut juga diduga hendak dibagikan oleh simpatisan Ahok-Djarot.

Panwaslu bersama tim sentra penegakan hukum terpadu, yakni polisi dan jaksa, akan mengkaji apakah pembagian sembako tersebut termasuk ke dalam tindak pelanggaran pidana pemilu karena berkaitan dengan politik uang.

Kompas TV Masa Tenang, Bagi Sembako & Kampanye Hitam Lanjut


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFidel Ali
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X