Kolong Tol Seberang Kalijodo Akan Dijadikan Area "Park and Ride"

Kompas.com - 30/04/2017, 16:09 WIB
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta berencana menggunakan lahan di bawah kolong tol Tomang-Pluit seberang Kalijodo sebagai area parkir publik.

Tempat parkir yang akan dibentuk di sana menggunakan sistem park and ride, dengan satu tarif untuk kendaraan tanpa jam maksimal.

"Kalau (parkir kendaraan) di Kalijodo sudah overload, bisa dialihkan ke sana," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/4/2017).

Tarif yang akan dikenakan di sana adalah Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tarif ini berlaku secara flat, untuk satu kali parkir tanpa batas maksimal.

Untuk menjadikan area park and ride, Dishubtrans DKI bekerja sama dengan pemerintah kota Jakarta Barat dan Jakarta Utara untuk merapikan kawasan tersebut.

Adapun sampai saat ini, lahan di bawah kolong tol itu masih dihuni sejumlah orang yang tinggal di bangunan semi permanen.

"Secara prinsip, itu sudah bisa dipakai. Kami juga sudah petakan, dengan pemerintah kota, itu bisa dipakai," tutur Sigit.

Baca: Kolong Tol Pluit Masih Dihuni Sejumlah Orang walau Sudah Ditertibkan

Nantinya, jalan inspeksi di dalam kawasan Kalijodo akan diterapkan mekanisme parkir menggunakan gate. Tarif yang diberlakukan adalah progresif, dengan Rp 2.000 per jam untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 per jam untuk kendaraan roda empat.

Dishubtrans DKI ke depan berharap, parkir kendaraan pengunjung Kalijodo bisa dipusatkan di bawah kolong tol tersebut. Sehingga, area di dalam Kalijodo bisa lebih nyaman dan trotoar tidak lagi digunakan untuk parkiran kendaraan.

Kompas TV Mayat Wanita Ditemukan di Kolong Tol PIK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.