"Sayang Lift di Halte Transjakarta Cuma 'Dianggurin'"

Kompas.com - 02/05/2017, 16:10 WIB
Kondisi lift yang belum beroperasi di Halte Busway Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2017). KOMPAS.com/Dea AndrianiKondisi lift yang belum beroperasi di Halte Busway Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2017).
Penulis Dea Andriani
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengguna bus transjakarta di Halte Sarinah dan Halte Tosari berharap, lift yang dipasang di kedua halte tersebut segera dioperasikan.

Sebab, sejak 2012, lift-lift tersebut berhenti beroperasi dan kini terbengkalai. Fitri (57), penumpang yang rutin menggunakan bus transjakarta, menilai lift ini penting dalam membantu para penumpang, khususnya lansia dan penyandang disabilitas.

Saat ditemui Kompas.com, ia hendak menuju Slipi dan sedang menunggu bus transjakarta di Halte Sarinah. Ia menyayangkan kondisi ketiga lift di Halte Sarinah yang kini terbengkalai.

"Terutama di sini (Halte Sarinah) juga kan halte transit banyak tujuannya, jadi harusnya sih bisa ngebantu ya. Sayang sekarang cuma dianggurin," ujar Fitri di Halte Sarinah, Selasa (2/5/217).

(Baca juga: Lift di Halte Sarinah dan Tosari Tak Kunjung Beroperasi)

Senada dengan Fitri, Didit (62) yang ditemui di Halte Tosari pun menyayangkan lift yang tidak beroperasi secara maksimal itu. 

Bahkan, ia tidak begitu menyadari keberadaan lift tersebut karena selalu menggunakan jembatan penyeberangan orang (JPO) saat hendak menuju halte transjakarta.

"Kalau butuh ditarifin misalnya Rp 1.000 (per naik lift) begitu juga enggak apa-apa asalkan ada. Kan lumayan ngebantu buat meringankan orang tua," ujar Didit kepada Kompas.com, Selasa.

Ia juga memberikan contoh pengoperasian lift di beberapa stasiun KRL yang menurutnya berhasil membantu para penumpang.

"Bisa dicontoh misalnya di (Stasiun Palmerah) itu kan ngebantu banget (dengan adanya lift)," ujar Didit.

Sementara itu, Wulan (28), mengatakan bahwa keberadaan lift di halte besar seperti Sarinah, memang belum dibutuhkan.

Namun, lift akan sangat membantu apabila integrasi angkutan umum sudah diterapkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X