Dishub Sebut Lift di Halte Sarinah dan Tosari Tak Layak Beroperasi

Kompas.com - 02/05/2017, 17:51 WIB
Kondisi lift yang belum beroperasi di Halte Busway Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2017). KOMPAS.com/Dea AndrianiKondisi lift yang belum beroperasi di Halte Busway Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2017).
Penulis Dea Andriani
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com -
Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Sigit Wijatmiko mengatakan, sejumlah lift di Halte Sarinah dan Tosari tidak dioperasikan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Menurut Sigit, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta telah melakukan audit pada sejumlah lift tersebut dan hasilnya tidak layak operasi.

" Lift itu secara hasil audit dari Disnaker tidak layak operasi," kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2017).

"Yang pasti sekarang kami mengamankan (tidak mengoperasikan lift). Untuk yang di Halte Sarinah pernah terkena banjir juga, kami pokoknya mengutamakan keselamatan (penumpang)," ucap Sigit.

Adapun terkait dioperasikannya satu lift secara situasional di Halte Tosari, Sigit mengatakan lift tersebut sempat diperbaiki pengelola Plaza UOB karena berdasarkan audit Disnakertrans ada beberapa bagian lift yang harus diganti.

"Tapi sejauh ini dari pengamanan sudah ada koordinasi (antara PT Transjakarta dan Plaza UOB), untuk pengawasan kuota angkut lift. Di lift lainnya pun dibatasi dan digembok juga," ujar Sigit.

(baca: "Sayang Lift di Halte Transjakarta Cuma 'Dianggurin'")

Sementara untuk koordinasi terkait perbaikan atau pergantian lift sepenuhnya telah diserahterimakan dari Dishub DKI Jakarta kepada Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Seharusnya di APBD 2017 Dinas Bina Marga ini sudah dianggarkan (untuk perbaikan lift). Tinggal tunggu proses dan secepatnya akan ada tindakan," ungkap Sigit.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kini sejumlah lift di kedua halte tersebut ditutup oleh tripleks dan diberikan pembatas untuk menandakan bahwa lift tidak beroperasi. Adapun sejumlah lift itu sudah dipasang pada 2008 dan berhenti beroperasi sejak 2012.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X