Rute Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 23/05/2017, 13:21 WIB
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Tampak rute final untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluarkan oleh PT KAI Daop 1 pada Selasa (23/5/2017). Kereta bandara ditargetkan beroperasi pada tengah tahun 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Suprapto mengatakan, rute yang akan digunakan kereta api Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiusn Manggarai -  Sudirman Baru- Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno-Hatta.

"Rutenya dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Sudirman Baru lalu ke Stasiun Duri, Batu Ceper, lalu ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta," kata Suprapto di Stasiun Juanda, Selasa (23/5/2017).

Kereta bandara ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2017 ini.

Baca juga: Kereta Bandara dan Kereta Tanpa Awak di Soekarno-Hatta Siap Digunakan

Stasiun Sudirman Baru yang dimaksud Suprapto bukan Stasiun Sudirman yang sudah ada saat ini. Stasiun tersebut merupakan stasiun baru yang khusus melayani perjalanan kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta, dan berlokasi di antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Menurut Suprapto, sebelumnya ada skema awal dua rute kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta, yakni dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota. Namun, untuk saat ini, rute yang sudah final adalah dari Stasiun Manggarai.

"Ini karena konsorsium sedang kebut pengerjaan untuk persiapan operasional, di lapangan bisa sangat dinamis. Akan kami umumkan jika ada perubahan-perubahan lagi agar penumpang bisa menyesuaikan," kata Suprapto.

Terkait tarif kereta bandara, Suprapto mengaku belum mengetahui secara pasti besarannya. . Ketentuan tarif ini nantinya akan diatur oleh PT Railink selaku anak usaha PT KAI sekaligus operator kereta bandara.


EditorEgidius Patnistik

Close Ads X