Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Team Jaguar juga Tangani Pengamen hingga Cabe-cabean

Kompas.com - 30/05/2017, 04:00 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Meski tugas utamanya menangani masalah kejahatan jalanan, Team Jaguar Polresta Depok tak jarang ikut menangani masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di wilayah operasinya.

Kepala Team Jaguar Inspektur Satu Winam Agus mengatakan, pihaknya kerap menemukan orang-orang yang dinilai membutuhkan bantuan, mulai dari pengamen hingga remaja-remaja putri yang dikenal dengan istilah cabe-cabean.

"Ada ibu-ibu yang pengen ke pasar enggak ada kendaraan, kami antarkan, atau pengamen yang terlalu malam kami pulangin. Terus cabe-cabean juga iya, kami pulangin ke orang tuanya, padahal orang tuanya bilang, 'Tobat Pak ngurusin anak ini'," kata Winam saat ditemui di Mapolres Kota Depok, Senin (29/5/2017).

Team Jaguar dibentuk pada akhir tahun 2014. Jaguar sendiri merupakan akronim dari Penjaga Gangguan dan Anti Kerusuhan, mengacu pada tugas utama tim itu.

Baca juga: Team Jaguar: Siang Jaga Bank, Malam Jadi Jaguar

Team Jaguar adalah sebuah tim yang terdiri dari para polisi yang berasal dari berbagai kesatuan, mulai dari Intel, Reskrim, Sabhara, Provost, hingga staf yang bertugas di bagian administrasi di Mapolresta Depok.

Setiap anggota Team Jaguar dilatih kemampuan yang sama dalam hal tempur jarak dekat dan teknis penggerebekan.

"Tapi jangan hanya memandang kami ini keras. Cara-cara yang lembut juga kami lakukan. Hal-hal yang manusiawi juga kami lakukan," kata Winam.

Lihat juga: Patroli Malam, Team Jaguar Polresta Depok Ternyata Tak Miliki Anggaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com