Kompas.com - 06/06/2017, 15:39 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

BEKASI, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya menyiapkan tiga pos pemeriksaan di jalur mudik di wilayah Kota Bekasi hingga Kabupaten Bekasi jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Jumlah check point ada tiga. Satu check point di Kota Bekasi dan dua check point di Kabupaten Bekasi,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan, saat melakukan pengecekan jalur mudik reguler di Bekasi, Selasa (6/6/2017).

Lokasi pos pemeriksaan yang ada di Kota Bekasi terletak di samping Blu Plaza Bekasi. Sementara pos pemeriksaan di Kabupaten Bekasi terletak di depan Matland Tambun dan di halaman PT IBU di daerah Kedungwaringin.

Pos pemeriksaan itu disediakan terutama untuk pemudik dengan kendaraan roda dua.

Iriawan mengatakan, di pos itu akan dilakukan beberapa pengecekkan, di antaranya kesiapan kendaraan, kapasitas penumpang, dan kesiapan kesehatan para pemudik. Iriawan menjelaskan, di pos juga akan disiapkan bengkel dan dokter untuk pemeriksaan kesehatan.

“Pertama ada cek kesehatan, kedua bengkel, ketiga disiapkan makanan kecil dan minuman bagi yang tidak puasa. Keempat, bus untuk menyiapkan apabila yang menggunakan motor melebihi kapasitas penumpang,” kata Iriawan.

Dia mengatakan, satu sepeda motor ditumpangi empat orang, tidak akan diperbolehkan karena  dapat menimbulkan banyak hambatan, bahkan kecelakaan. Karena itu, di pos pemeriksaan akan disediakan bus untuk mengangkut para pemudik sampai ke kampung halaman, dan menitipkan sepeda motor di pos itu.

Ia menambahkan, tujuan disediakannya pos itu untuk mengawal para pemudik yang tujuannya ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mereka dikawal hingga ke perbatasan Karawang.

Kompas TV Aparat Kepolisian Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cipali

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.