Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penertiban Bukit Duri Tanpa Penolakan

Kompas.com - 11/07/2017, 11:49 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penertiban bangunan di bantaran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2017) pagi berlangsung lancar.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, sejak pukul 09.00, tiga back hoe yang dikerahkan ke lokasi lebih banyak meratakan sisa puing.

(Baca juga: Pemprov DKI Bantu Pemindahan Anak-anak Bukit Duri ke Sekolah)

Sebagian besar bangunan sudah dibongkar oleh pemiliknya. Hingga pukul 11.00, terlihat sebagian besar bangunan sudah rata dengan tanah.

Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas Satpol PP melalui dua back hoe membongkar bangunan semi permanen yang berada di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.
Tidak ada penolakan maupun aksi. Hanya terdapat beberapa warga dan anak-anak yang mengeliling back hoe untuk melihat pembongkaran.

Warga yang masih berada di rumahnya terlihat memungut sisa puing dengan pasrah. Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan mengatakan, tidak ada kendala dalam pembongkaran ini.

Warga membongkar rumahnya sendiri sebelum ditertibkan di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Warga membongkar rumahnya sendiri sebelum ditertibkan di area bantaran aliran Sungai Ciliwung di RW 01 Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017). Setelah bangunan diratakan dengan tanah, Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan memulai memasang sheet pile sebagai lanjutan proyek normalisasi Ciliwung.
(Baca juga: Pembongkaran Bangunan di Bukit Duri Ditargetkan Selesai Sehari)

Beberapa jalan masuk di Tongtek dan Taman Bukit Duri yang agak sempit memang menghambat pembongkaran, tetapi bisa diatasi.

"Tadi di sebelah selatan ada yang agak sempit, tapi alat berat sudah bisa masuk, sore ini bersih" kata Ujang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com