Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Berencana Batasi Truk Melintas di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 18/07/2017, 11:47 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com – Deputi GM Traffic Management Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Cece Kosasih, mengatakan Jasa Marga merencanakan untuk membatasi truk melintas di Tol Jakarta-Cikampek. Pembatasan itu terkait dengan kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di jalan tol itu.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek kan sudah sangat padat, ditambah ada proyek. Makanya tadi salah satu solusinya kami sudah usulkan ke perhubungan, ada pembatasan operasional truk,” ujar Cece saat ditemui di Sentra Komunikasi Tol Jakarta-Cikampek, Senin (17/7/2017).

Lihat juga: Jasa Marga: Kepadatan Luar Biasa di Tol Jakarta-Cikampek karena Ada Proyek

Ia menjelaskan, volume truk yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek cukup tinggi. Selain itu, truk yang melintas di dalam tol melaju dengan kecepatan yang lebih rendah sehingga menimbulkan kepadatan.

“Terkadang kalau truk juga selagi ada hambatan memerlukan effort (usaha) yang lebih besar untuk menanganinya dibandingkan mobil kecil,” kata Cece.

Rencana pembatasan truk itu, menurut Cece, diusulkan berdasarkan jam operasional. Pada jam-jam sibuk seperti pagi saat warga berangkat ke kantor dan sore saat kembali ke rumah, truk akan dilarang melintas.

Baca juga: Jasa Marga: Gunakan Jalan Arteri jika Tol Jakarta-Cikampek Padat

Nantinya, kata Cece, truk bisa jadi akan di tahan di ruas-ruas tertentu atau keberangkatan truk disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan. Cece menjelaskan rencana ini sudah dibicarakan dengan pihak-pihak terkait dengan semua pemangku kepentingan, salah satunya perwakilan dari pihak-pihak industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com