Pembangunan Jalur Pedestrian Perparah Kemacetan di Bekasi

Kompas.com - 03/10/2017, 15:32 WIB
Pembangunan jalur pedestrian di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang Kota Bekasi, Rabu (13/09/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahPembangunan jalur pedestrian di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang Kota Bekasi, Rabu (13/09/2017).
|
EditorIndra Akuntono


BEKASI, KOMPAS.com –
Di Kota Bekasi terdapat beberapa titik pembangunan jalur pedestrian. Di antaranya di Jalan Ahmad Yani dan Jalan KH Noer Ali yang merupakan jalan protokol.

Pantauan Kompas.com, pembangunan jalur pedestrian menyebabkan kemacetan panjang di kedua jalan tersebut, terutama di jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari.

Akibat kemacetan itu, waktu tempuh yang dibutuhkan para pengguna jalan menjadi lebih lama.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, membenarkan bahwa pembangunan jalur pedestrian tersebut menyebabkan kepadatan lalu lintas.


“Namanya sedang dalam pembangunan, bukan hanya di (jalan) KH Noer Ali dan Ahmad Yani, di Jati Asih pun banyak pembangunan. Itukan tidak bisa dihindari. Namanya proses pembangunan pasti akan berdampak terhadap kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Kami juga memang tidak menghendaki seperti itu,” ujar Yayan, saat ditemui di Bekasi, Selasa (3/10/2017).

(baca: Jalur Pedestrian di Kalimalang Ditargetkan Selesai Dibangun Akhir 2017)

Dia berharap warga Kota Bekasi bersabar hingga pembangunan jalur pedestrian selesai. Sementara itu, Yayan mengatakan telah melakukan beberapa antisipasi untuk mengurai kemacetan bersama personel kepolisian, di antaranya menerapkan contra flow dan menutup putaran balik.

“Yang jelas kami atur rekayasa lalu lintasnya, dan menutup beberapa titik putaran,” kata Yayan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP I Nengah, menjelaskan bahwa contra flow diterapkan pada situasi tertentu, saat proyek pembangunan jalur pedestrian menyebabkan kemacetan sangat parah.

“Kalau di Jalan Ahmad Yani setiap pagi sudah pasti kami berlakukan (contra flow). Tapi kalau di KH Noer Ali kan yang mengarah ke Jakartanya juga lumayan padat, jadi kami lihat dulu,” ujar Nengah.

Adapun Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan pengerjaan jalur pedestrian di Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang Kota Bekasi ditargetkan selesai akhir 2017.

Pembangunan jalur pedestrian di Kota Bekasi dilakukan secara bertahap sampai perbatasan Kota Bekasi dengan DKI Jakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X