Sandi Minta Transjakarta Berinovasi Cari Rute agar Tak Terjebak Macet - Kompas.com

Sandi Minta Transjakarta Berinovasi Cari Rute agar Tak Terjebak Macet

Kompas.com - 19/10/2017, 10:35 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (19/10/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (19/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengakui bahwa layanan transjakarta yang ada saat ini cukup baik. Namun, dia menyebut jajaran direksi PT Transjakarta masih harus melakukan inovasi untuk mengatasi kemacetan yang terjadi.

"Sebetulnya layanannya sudah cukup baik dan mungkin hari ini saya akan perintahkan, instruksikan khusus untuk direksi Transjakarta untuk memastikan inovasi berpikirnya," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (19/10/2017).

Sandi menuturkan, direksi PT Transjakarta harus mencari alternatif rute-rute yang dilintasi.

Sebab, masih ada bus-bus transjakarta yang terjebak kemacetan karena adanya beberapa proyek pembangunan infrastruktur.

"Cari rute-rute transjakarta, bisa merekayasa jalurnya supaya tidak terlalu macet karena ini sekarang kan ada pembangunan enam proyek besar ini. Be innovative-lah," kata dia.

Baca: Anies dan Sandi Bajak Bus Wisata ke Dukuh, Lalu Naik Transjakarta

Inovasi-inovasi itu harus ada agar warga memiliki kesadaran untuk menggunakan transportasi publik sehingga macet terurai.

Cara lainnya untuk mengatasi kemacetan yakni mempercepat pembangunan infrastruktur. Setelah meninjau proyek underpass Mampang pada Selasa (17/10/2017), Sandi menyebut proyek tersebut tak akan selesai sesuai target.

Sandi menyebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan dirinya untuk memikirkan percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur itu. Sebab, dia berpengalaman membangun infrastruktur.

"Ini semua sekarang kita lagi kejar. Pak Anies minta Jumat pagi kita udah ada laporan tentang problem mitigasi, solusi, dan juga timeline-nya," ucap Sandi.

Baca: Usai Terkena Macet Naik Transjakarta, Anies-Sandi Boncengan Motor Terobos Mampang

Kompas TV Sebuah angkutan kota di Jatinegara, Jakarta Timur, nekat menerobos jalur bus transjakarta, naas mobil ini menabrak separator jalan dan sepeda motor.


EditorDian Maharani

Close Ads X