Sandi: Ada Usul, Atlet Berprestasi Atraksi di Trotoar Sudirman-Thamrin

Kompas.com - 07/11/2017, 17:07 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (7/11/2017). KOMPAS.com/NURSITA SARIWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (7/11/2017).
Penulis Nursita Sari
|
EditorKurnia Sari Aziza

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, ada usulan agar atlet-atlet yang berprestasi melakukan atraksi di trotoar Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Usulannya juga atlet-atlet nasional yang berprestasi bisa diakomodir sebagai salah satu atraksi yang ditampilkan di trotoar-trotoar nanti di Jalan Sudirman sama Thamrin," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (7/11/2017).

Selain itu, Sandi menyebut ada juga saran agar ada spot budaya yang dibangun di trotoar Sudirman-Thamrin. Dengan demikian, trotoar di Jakarta bisa menjadi etalase kebudayaan nasional.

Baca juga : Desain Trotoar Sudirman-Thamrin Diubah, Anies Ingin Ada Spot Budaya


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kata Sandi, mengarahkan agar trotoar Sudirman-Thamrin juga dibangun secara berkelanjutan dengan melebarkan trotoar ramah pejalan kaki hingga ke Jalan KH Mas Mansyur.

"Jadi itu yang mulai dibangun, ditata, terus nanti nyambung ke koridor Tanah Abang, ke Wahid Hasyim misalnya, sehingga ada pengalaman yang didapat secara positif dalam pedestrian friendly," kata Sandi.

Jalur pedestrian di Taman Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (2/8/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Jalur pedestrian di Taman Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (2/8/2017).
Anies sebelumnya ingin rancangan trotoar Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin di Jakarta Pusat bisa mengakomodasi kepentingan warga Ibu Kota. Dia ingin ada perubahan desain, sehingga ada spot di trotoar yang bisa difungsikan sebagai tempat kebudayaan.

"Kami ingin di dalam koridor trotoar ini ada area-area kebudayaan, kegiatan seni. Jadi nanti ada beberapa luas yang dipakai sepanjang tahun untuk aktivitas seni, bisa musik, bisa seni rupa, bisa macam-macam," ujar Anies, Senin (6/11/2017).

Baca juga : Maksimalkan Fungsi Trotoar dan Keamanan Transportasi Umum

Dengan demikian, trotoar tidak hanya digunakan sebagai jalur pejalan kaki.

Trotoar juga bisa untuk kegiatan ekonomi dan interaksi budaya. Anies meminta rancangan trotoar yang sudah ada diubah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X